7 Masalah Infrastruktur di Riau akan Dibenahi Pemprov


Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ke depan akan fokus melakukan pembenahan masalah infrastruktur di kabupaten/kota se-Riau. 

Demikian disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy kepada CAKAPLAH.com. 

Mantan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rokan Hulu ini mengatakan, dalam masalah infrastruktur tersebut dibutuhkan keterlibatan kabupaten/kota yang memiliki wilayah. 

Sebab menurut Masrul Kasmy, ada tujuh persoalan infrastruktur di Riau yang perlu mendapat penanganan serius ke depannya yang butuh keterlibatan daerah. 

Adapun tujuh persoalan infrastruktur yang dimaksud Masrul Kasmy adalah, masalah kualitas jalan di Riau masih rendah, upaya meningkatkan layanan air minum curah lintas kabupaten/kota, dan layanan sanitasi, belum tersedianya layanan penanganan sampah di lintas kabupaten/kota dan luasnya penanganan kawasan umum pemukiman.

Selanjutnya perlu peningkatan sistem irigasi di delapan daerah dan 34 daerah, dan panjangnya abrasi atau pengikisan pantai akibat air laut. Terakhir peningkatan angkutan orang dan barang melalui terminal pelabuhan serta bandara. 

"Tujuh masalah ini belum tertangani secara baik hingga kini. Tentu ini perlu perhatian kita semua. Dan masalah ini sudah kita tuangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),"ungkapnya, dikutip dari Cakaplah.com.