Diskes Pekanbaru Diminta Percepat Vaksinasi Nakes

 

Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru diminta lakukan percepatan vaksinasi Covid-19 tenaga kesehatan (Nakes).

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengatakan, saat ini nakes calon penerima vaksin di Pekanbaru terdaftar sebanyak 13 ribu orang. Mereka bertugas di Faskes milik pemerintah maupun yang bertugas di Faskes swasta.

Hingga saat ini jumlah nakes yang telah disuntik vaksin baru mencapai 9 ribu lebih, atau berkisar di angka 70 persen dari total calon penerima vaksin tahap I yang terdaftar.

"Petugas medis, petugas kesehatan yang saat ini diberikan penguatan untuk imunitas tubuhnya (vaksin) supaya dapat dilakukan secara maksimal," kata Walikota, Minggu (14/2/2021), dikutip dari Cakaplah.com.

Menurutnya, setelah tahap awal pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan, akan dilanjutkan kepada pelayan masyarakat dan masyarakat umum. Seperti Polri, TNI, dan pegawai negeri yang melayani masyarakat.

Proses vaksinasi ini diperkirakan berlangsung hingga setahun ke depan, mengingat banyaknya jumlah penduduk dan luasnya wilayah Indonesia.

"Kita masih berjuang satu tahun lagi ke depan, dan mudah-mudahan target Bapak Presiden vaksinasi untuk seluruh masyarakat Indonesia dapat terselenggara secara baik," jelasnya.

Ia juga meminta Satgas Covid-19 terus memberikan edukasi terkait protokol kesehatan kepada masyarakat. Meski vaksinasi ini telah berlangsung, protokol kesehatan mesti terus dijalankan.

"Satgas juga terus melakukan pengawasan bagi masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan," kata Walikota.