Karhutla Dipantau dengan Pesawat Tempur F-16

Pekanbaru - Harpy Flight dari Rydder Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin melakukan patroli udara di lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah Dasan perbatasan Kabupaten Siak dan Bengkalis, Provinsi Riau, Selasa (9/3/2021).

Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan Happy Flight terdiri dari dua pesawat, TS-1608 serta TS-1623 yang melaksanakan latihan Basic Fighter Maneuver atau BFM di Military Training Area (MTA) Lanud Roesmin Nurjadin.

"Upaya pencegahan Karhutla akan terus dilakukan, ini adalah komitmen bersama seluruh elemen yang tergabung di dalam Satgas Siaga penanggulangan bencana asap akibat Karhutla di Riau," ucap Andi, dikutip dari Cakaplah.com.

Lanjutnya, Pesawat tempur yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin akan terus melakukan patroli udara bersamaan dengan melaksanakan latihan.

Hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya Karhutla di Riau dan juga membantu pemerintahan daerah dalam upaya bersama-sama untuk mewujudkan Riau tanpa asap dan diharapkan semua elemen dapat mendukungnya.

"Kami harap patroli udara lewat pesawat tempur dapat mendeteksi dini pencegahan penyebaran Karhutla di Sumatera khususnya wilayah Bumi Lancang Kuning Riau," pungkasnya.