Nakes dan Pelayan Publik di Riau Divaksinasi, Warga yang Minat Bisa Daftar di Situs Ini

Pekanbaru - Pada gelombang pertama, jumlah tenaga kesehatan (Nakes) di Riau yang telah menerima suntikan Vaksinasi Covid-19 mencapai 96,89 persen dan gelombang kedua 72,83 persen. Totalnya, sebanyak 20 ribu tenaga kesehatan di Riau sudah disuntik vaksin Corona.

Sedangkan pada gelombang kedua, yakni untuk pelayan publik dan lainnya mencapai 75,4 persen. Warga Riau yang berminat ikut vaksinasi di gelombang berikutnya bisa mendaftarkan diri di situs yang tersedia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan sejak awal vaksinasi, pihaknya memang telah menghimbau kepada seluruh nakes dan masyarakat untuk tidak takut divaksin.

“Alhamdulillah, vaksinasi di Riau semua berjalan lancar dan aman. Untuk tenaga kesehatan vaksinasi penyuntikan pertama mencapai 96,89 persen, dan penyuntikan kedua bagi nakes sudah 72,83 persen. Ini menandakan proses vaksinasi berjalan lancar,” ujar Mimi Yuliani Nazir, dikutip dari Cakaplah.com.

Dijelaskan Mimi, untuk vaksinasi tahap kedua yang diperuntukkan bagi pelayan publik, TNI/Polri, ASN Pemprov Riau dan Kementrian, dan wartawan telah dilaksanakan penyuntikan pertama pada hari Senin (1/3/2021) lalu dan hasilnya juga tidak ada gejala bagi yang telah menjalani vaksinasi.

“Kalau bagi petugas publik antusiasnya cukup tinggi. Yang tercatat di data kita ada sebanyak 1.416 orang atau 75,4 persen, yang divaksin di Gelanggang Remaja kemarin. Yang disiapkan ada sebanyak 1.500 sampai 2.000 orang yang mendaftar. Alhamdulillah berjalan lancar,” ujar Mimi.

Sedangkan untuk Kabupaten Kota, Mimi menjelaskan juga telah menjalani vaksinasi. Sesuai dengan vaksin yang dikirimkan ke Kabupaten Kota bagi petugas publik. Termasuk untuk Lansia juga sudah dijalankan di Rumah Sakit. Sementara bagi masyarakat yang mau ikut divaksin bisa mendaftar sesuai dengan web yang telah disampaikan.

Peserta mendaftar dengan mengunjungi situs resmi Kementerian Kesehatan yaitu www.kemkes.go.id dan sehatnegeriku.kemkes.go.id, serta situs resmi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di www.covid19.go.id.

Sedangkan untuk Pekanbaru pendaftaran melalui online di pekanbaru.kemenkes.go.id.

“Bagi masyarakat yang mau mendaftar atau bagi petugas publik bisa mendaftar di Peduli Lindungi, Pedulilindungi.id,” kata Mimi.