Pemerintah Diminta segera Kembangkan Penelitian Covid-19 Varian Baru

Jakarta - Setelah pemerintah secara resmi mengonfirmasi ditemukannya dua kasus mutasi Covid-19 varian baru asal Inggris dengan sebutan B117. Partai Golkar melalui perwakilannya Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin, mendesak pemerintah untuk segera mengembangkan penelitian atas virus itu, serta mengantisipasi penyebarannya.

“Tujuannya supaya kita bisa mengetahui metode apa yang paling efektif dan dibutuhkan untuk mencegah eskalasi penularan varian baru virus ini. Terutama, sejauh mana efektivitas vaksin saat ini dapat melindungi diri dari mutasi virus tersebut,” kata Puteri Anetta, dalam keterangan tertulis, Jumat (5/3/2021) di Jakarta.

Wakil Sekretaris Fraksi Partai Golkar itu, mengatakan Covid-19 varian baru itu disebut lebih cepat menular, sehingga respons sigap melalui pengetesan dan pelacakan perlu segera dilakukan secara masif guna mencegah angka penularan.

"Berdasarkan informasi yang beredar, pemerintah harus segera merespon dengan sigap kehadiran virus Covid-19 varian baru ini. Baik melalui pelacakan secara masif di tengah masyarakat," pukasnya.