PUPR Pekanbaru Minta Tiap Rumah Ada Sumur Resapan

Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru menyarankan tiap rumah memiliki sumur resapan. Fungsinya untuk menghindari terjadinya banjir.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebut, untuk mengatasi permasalahan atau titik banjir lingkungan salah satu caranya dapat dengan membuat kolam retensi, sumur resapan, waduk, dan penghijauan.

"Harapan kita ke depan, kalau ada waktu kita akan sosialisasikan setiap rumah itu minimal ada tong air atau sumur resapan," kata Indra, Ahad (7/3/2021), dikutip dari Cakaplah.com.

Kata dia, adanya sumur resapan atau tong air di setiap rumah masyarakat dapat menyimpan air hujan. Air hujan yang turun tidak serta merta tergenang dan dapat di serap ke dalam sumur maupun tergenang dalam tong air.

Meski menyarankan ada sumur resapan, PUPR tetap melakukan upaya normalisasi drainase untuk melancarkan jalan air menuju anak sungai. Normalisasi dapat dilakukan dengan menghidupkan kembali drainase yang sudah mati, atau memperbesar volume drainase.

"Selain itu gorong-gorong yang terlalu sempit akan diganti dengan yang lebih besar untuk melancarkan laju air sehingga tidak terjadi genangan," jelasnya.