4 Tips Hadapi Larangan Mudik Tahun 2021

Riauupdate.com - Pandemi memang memengaruhi banyak hal. Berbagai aktivitas kita berubah dan terganggu. Banyak kebijakan pun muncul dimulai dari belajar dari rumah, kuliah dari rumah, hingga bekerja dari rumah. Bahkan ada penerapan PSBB di sejumlah kota. Karena bertepatan dengan bulan Ramadan dan momen lebaran, mudik pun dilarang demi karena tingginya tingkat penyebaran covid-19. 

Mudik menjadi tradisi kita setiap tahunnya. Berkumpul bersama keluarga di momen lebaran memang jadi hal yang sangat istimewa. Bagi yang bekerja atau berkuliah di luar kota, momen mudik menjadi momen yang paling dinantikan untuk bisa pulang. Namun, tahun ini berbeda. Kita perlu bersabar dan berdamai dengan kondisi penuh Larangan demi kebaikan bersama.

1.Isi Waktu dengan Hal-Hal Baru

Kali ini kita punya lebih banyak waktu di rumah. Maka kita bisa memanfaatkannya untuk melakukan dan mencoba hal-hal baru. Memulai hobi baru, mencoba aktivitas baru, dan sebagainya. Sesimpel mencoba resep baru pun bisa dilakukan untuk mengisi waktu. Bagi yang punya kemudahan bisa melakukan aktvitas di rumah saja selama pandemi ini, isi hari-hari dengan hal-hal menyenangkan dan produktif.

2.Manfaatkan Teknologi untuk Berkomunikasi

Obati rasa rindu dengan keluarga melalui video call. Manfaatkan teknologi dan internet untuk menjaga komunikasi. Meski tidak bisa bertatap muka langsung, komunikasi masih bisa jalan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Setidaknya dengan cara ini bisa sedikit menghibur hati yang sedih karena belum bisa mudik tahun ini.

3.Bangun Pola Sehat yang Baru

Daripada terus menerus bersedih karena tidak bisa mudik, mending fokus untuk memperbaiki kualitas hidup. Bagi yang selama ini jarang olahraga, bisa manfaatkan waktu yang ada untuk lebih rutin olahraga. Atur kembali pola makan yang sehat untuk menjaga kekebalan tubuh. Ajak juga orang-orang terdekat kita untuk menjaga kesehatan demi kebaikan bersama.

4. Perbanyak Doa

Selain berupaya semaksimal mungkin memutus mata rantai penyebaran virus corona, kita perlu juga memperbanyak doa. Perbanyak doa agar pandemi ini segear berakhir. Berdoa semoga keadaan bisa segera membaik dan kembali normal. Mudik yang tertunda kali ini anggaplah sebagai salah satu upaya untuk mencegah kondisi makin memburuk.

Akibat dari Pandemi banyak yang harus isolasi dan bahkan meninggal, bayangkan jika ini terjadi pada dirimu dan keluarga. Untuk itu renungi dan bersabar berdamai dengan larangan itu penting. Jangan bersedih meski belum bisa mudik tahun ini. Tetap jaga diri dengan baik dan iringi dengan harapan untuk bisa segera berkumpul kembali dengan keluarga di lain kesempatan.