8 Manfaat Minum Air Daun Sirih Campur Madu

Riauupdate.com - Daun sirih dan madu merupakan herbal yang telah lama dikenal dengan berbagai manfaat sehatnya. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman m.jpnn.com.

1. Meningkatkan Metabolisme

Tingkat pH normal yang bisa didapat ketika mengonsumsi air sirih campur madu nantinya juga bisa memicu sirkulasi usus dalam menyerap mineral dan nutrisi penting.

Nantinya, air rebusan herbal ini juga bisa mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga kinerja metabolisme tubuh juga bisa ditingkatkan. Manfaat daun sirih dan madu bisa dijadikan pengobatan alternatif menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Mulai dari ringan hingga kronis, khususnya bagi Anda yang alergi terhadap beberapa bahan dalam obat obatan. Minum air rebusan daun sirih yang dicampur dengan madu tidak hanya baik diminum ketika sakit, tetapi juga bisa diminum beberapa kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

2. Meredakan Batuk

Manfaat lain dari sirih campur madu adalah sebagai solusi batuk alami. Kandungan antibiotik yang dihasilkan dari sirih dan madu bisa mengurangi peradangan di tenggorokan.

Yakni dengan cara minum air rebusan daun sirih yang dicampur madu secara teratur hingga batuk bisa disembuhkan.

3. Meringankan Sakit Kepala

Campuran daun sirih dengan madu juga sangat efektif untuk mengatasi sakit kepala karena sifat analgesik dan pendinginan yang dihasilkan. Ramuan herbal ini tentunya terbilang lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan obat obatan sebab tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh Anda. Dengan kandungan antioksidan tinggi, maka campuran kedua bahan ini juga sangat efektif digunakan sebagai solusi kanker alami.

4. Mengobati Diabetes

Cara lain menggunakan daun sirih dan madu adalah untuk mengobati diabetes. Daun sirih mengandung riboflavin dan vitamin C sehingga bisa mengontrol kadar gula darah dengan baik. Untuk itulah, daun sirih juga dikenal sebagai properti anti diabetes yang sangat hebat. 

5. Mengatasi Gangguan Pernapasan 

Manfaat rebusan daun sirih campur madu murni dengan teratur sangat baik dalam mengatasi masalah pernapasan seperti batuk dan pilek. Tidak hanya itu, gangguan pernapasan lain seperti asma juga bisa diatasi hanya dengan minum air herbal ini secara teratur. 6. Mencegah Radikal Bebas Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang bersama dengan madu akan mencegah efek radikal bebas dari paparan buruk lingkungan dan juga racun.

6. Mencegah Radikal Bebas 

Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang bersama dengan madu akan mencegah efek radikal bebas dari paparan buruk lingkungan dan juga racun. 

7. Mengatasi Peradangan

Daun sirih campur madu juga sangat baik digunakan untuk mengatasi peradangan yang bisa memicu masalah tertentu seperti mengganggu fungsi jantung. Tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi efek anti-inflamasi yang dihasilkan juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh sekaligus mengatasi penyakit peradangan tertentu termasuk asma dan radang sendi.

8. Mencegah Konstipasi

Konstipasi atau sembelit merupakan gangguan pencernaan yang membuat seseorang kesulitan ketika buang air besar, karena tekstur tinja berubah menjadi keras. Untuk mengatasi sembelit, Anda diharuskan mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah buahan yang mengandung serat tinggi. Manfaat serat dalam daun sirih ditambah dengan madu tidak hanya bisa Anda gunakan untuk mengatasi sembelit, tetapi juga baik dalam mengontrol pH dan mengatasi sakit perut.