Meski Total Guru SD dan SMP di Pekanbaru 8.500 Orang, Tetapi Masih Kurang

 

Pekanbaru - Irman Sasrianto, anggota Komisi III DPRD Pekanbaru mengatakan dari hasil rapat dengar pendapat dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru, terkuak bahwa saat ini Pemko Pekanbaru kekurangan jumlah guru.

Saat ini jumlah guru SD dan SMP yang ada di Kota Pekanbaru lebih kurang 8.500 orang. Irman mengatakan kekurangan tenaga pengajar ini paling banyak terdapat di SMP.

''Jauh kekurangan, dan kita minta Pemko segera melakukan perekrutan atau mencari solusi lain,'' cakap Irman, Rabu (30/6/2021), dikutip dari Cakaplah.com.

Namun karena saat ini masih masa pandemi Covid-19 serta kegiatan belajar mengajar masih melalui online atau daring, perekrutan guru masih belum dianggap penting.

''Ini pula yang menjadi kendala dari Pemko sehingga untuk perekrutan masih belum dianggap penting. Kita bisa maklumi karena situasi,'' katanya.

Selain karena pembelajaran masih melalui online, politisi PAN ini mengatakan saat ini anggaran dari Pemko Pekanbaru juga terbatas karena banyak anggaran yang dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Secara pribadi Irman berharap sekolah tatap muka di Pekanbaru dapat segera dilaksanakan, karena dengan pembelajaran tatap muka jauh lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran virtual.

''Saya secara pribadi tentu berharap sekolah tatap muka segera dilakukan, tentu dengan pengetatan prosedur prokes,'' bebernya.