Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama, Mudah Lelah Salah Satunya

Jakarta - Kehamilan di masa awal memang sering kali sulit terdeteksi ya, Bunda. Tak mengherankan, banyak Bunda yang kerap tidak menyadari bahwa dirinya tengah hamil dan menganggap siklus menstruasi yang tak normal hanyalah hal biasa.

Itu wajar saja ya, Bunda, mengingat ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama sering tak terlihat. Bunda pun masih merasakan kondisi yang sama seperti tidak hamil. 

Hanya saja, biasanya ada beberapa gejala yang menyertainya walau Bunda tak menyadarinya. Seperti tubuh jadi mudah lelah, sering buang air kecil, dan payudara terasa lunak.

Ciri-ciri hamil muda 1 minggu memang sedikit membingungkan meski Bunda mungkin telah melakukan tes kehamilan dan dokter sudah menyebutkan sebagai minggu pertama kehamilan.

Ini karena ketika dokter berbicara tentang kehamilan, mereka mengacu pada 40 minggu setelah dimulainya siklus haid terakhir Bunda. Sehingga, siklus menstruasi Bunda sebenarnya dianggap sebagai bagian dari proses kehamilan.

"Bagaimanapun, tidak semua orang mengalami tanda kehamilan yang sama sehingga ibu harus selalu menceritakan kekhawatiran apa pun kepada dokter," ujar Dr Myra J Wick, ginekolog, seperti dikutip dari laman TodaysParent.

Jika Bunda memang merasakan beberapa tanda tersebut dan sudah melakukan tes kehamilan dengan hasil positif, sebaiknya segera menghindari hal-hal yang membahayakan janin seperti minum beralkohol, merokok, dan mengonsumsi obat-obatan tak resmi. Mulailah juga untuk berkonsultasi dengan dokter dan mengonsumsi vitamin prenatal setidaknya 400 mikrogram asam folat yang dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir.

Melansir Flohealth, kehamilan sedianya memang dihitung dari hari pertama haid terakhir Bunda. Dokter biasanya menggunakan ini karena sangat sulit untuk secara akurat mengukur hari pembuahan yang tepat. Artinya, selama minggu pertama, Bunda sebenarnya belum hamil tetapi tubuh sudah bersiap untuk kehamilan. 

Ciri-ciri Hamil Muda

Percaya atau tidak, sebenarnya belum ada bayi di rahim Bunda selama minggu pertama kehamilan. Pada hari-hari pertama kehamilan, sel telur yang akan dilepaskan dan semoga dibuahi mulai matang di dalam ovarium. Selama periode itu, sekitar 20 telur atau sel telur masih berada di dalam folikel ovarium dan mereka mulai bersiap untuk ovulasi bulan depan.

Hanya satu atau kadang-kadang dua telur yang benar-benar akan dilepaskan ke tuba falopi untuk dibuahi setiap siklusnya. Meskipun belum ada bayi, tubuh Bunda sedang mempersiapkan diri untuk kehamilan.

Sel telur wanita merupakan sel telur tunggal terbesar dalam tubuh manusia dan mulai matang bahkan selama minggu pertama kehamilan. Proses itu disebut siklus ovarium dan selama hari-hari pertama kehamilan, Bunda memasuki fase folikular. Awal fase ini bertepatan dengan awal periode Bunda.

Pada awalnya, hormon yang disebut FSH atau hormon perangsang folikel menyebabkan banyak folikel yang belum matang mulai bersiap untuk ovulasi.

Tetapi, pada hari ke-5 hingga 7 dari siklus, satu telur dapat menjadi dominan. Telur yang dominan biasanya memiliki suplai darah yang lebih kuat dan menghasilkan lebih banyak estrogen. Estrogen itu juga akan merangsang penebalan lapisan rahim Bunda.

Selama fase folikular, telur dominan itu matang kemudian menunggu ovulasi. Karena konsepsi belum terjadi, masih belum ada perkembangan janin selama minggu pertama kehamilan. Namun, itu tidak berarti bahwa Bunda tidak dapat mulai menjalani awal kehamilan yang sehat. Sel telur Bunda dan sperma sudah bersiap untuk kehamilan. 

Pada minggu pertama kehamilan, Bunda sebenarnya mengalami menstruasi terakhir. Karena perkiraan usia kehamilan Bunda akan dihitung dari hari terakhir menstruasi terakhir Bunda. Secara teknis, hari pertama kehamilan Bunda akan sama dengan hari Bunda mulai menstruasi.

Selama hari-hari tersebut, tubuh akan menyingkirkan sel telur dan lapisan rahim bulan lalu. Terutama selama dua hari pertama kehamilan atau dua hari pertama menstruasi Bunda. Kebanyakan dari Bunda mengalami aliran menstruasi yang lebih deras yang membantu tubuh mempersiapkan diri untuk siklus baru.

Setelah periode Bunda berakhir, sel telur baru akan matang dan lapisan rahim akan mulai menebal lagi. Lapisan itu ialah tempat sel telur yang telah dibuahi dan akan menanamkan dirinya setelah pembuahan dan bersiap mulai tumbuh.

Tidak ada perut menonjol pada ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama ya, Bunda. Karena, Bunda akan menstruasi selama minggu ini dan ada kemungkinan perubahan hormonal membuat Bunda merasa sedikit kembung karena retensi cairan. Beberapa Bunda juga mengalami kram menstruasi atau nyeri perut.

Setiap Bunda akan memiliki gejala yang berbeda satu sama lain. Bagi banyak Bunda, ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yakni terlewatnya menstruasi. Tetapi, Bunda juga akan mengalami gejala menstruasi selama hari-hari pertama kehamilan. 

Di antaranya seperti kram rahim, payudara yang terasa lunak, sakit punggung, sakit kepala, perubahan suasana hati, jerawat, kelelahan, dan diare.

Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, cobalah untuk melakukan banyak perubahan gaya hidup. Termasuk mengasup makanan yang seimbang, cukup tidur, dan segera melakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin ya, Bunda.

Sumber: Haibunda.com