Harga Komoditi Perkebunan Riau Minggu Ini Cenderung Turun



Pekanbaru - Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau mencatat harga produk komoditi perkebunan di Provinsi Riau pekan ini cenderung mengalami penurunan. Dari data yang disampaikan, rata-rata komoditi turun. Jika pun ada yang tidak turun, harga komoditi stagnan alias sama dengan harga pekan lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau Defris Hatmaja merincikan, harga pinang kering (100 %) pekan ini mengalami penurunan. Di lima wilayah yakni di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti harga pinang kering Rp 16.540 per kg.

"Dibandingkan dengan minggu lalu mengalami penurunan harga sebesar Rp 70 per kg," ujar Defris Hatmaja, Selasa (14/9/2021).

Selanjutnya, harga kelapa butiran di kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti untuk periode minggu ini Rp 3.733 per Kg. Tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga dari minggu lalu atau harga tetap.

"Harga kopra mutu kering di kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti Rp 6.60 per Kg. Tidak mengalami kenaikan harga dari harga minggu lalu," cakapnya.

Harga tepung sagu basah di kabupaten Siak, Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti sebesar Rp 3.100 per Kg. "Harga ini juga tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga dari minggu lalu alias masih sama," sebutnya.

Sementara harga Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota Provinsi Riau yang menjadi sumber data harganya cenderung mengalami penurunan.

Untuk harga bokar di tingkat petani/Kelompok Usaha Bersama (KUB) kabupaten Kampar sebesar Rp 11.200 Kg tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga dari harga minggu lalu.

Selanjutnya untuk tingkat petani/KUB kabupaten Rokan Hulu sebesar Rp 10.691 per Kg mengalami penurunan harga sebesar Rp 226 per Kg dari minggu lalu. Di tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hilir sebesar Rp 11.700 Kg mengalami penurunan harga dari minggu lalu sebesar Rp 100 per Kg.

Kemudian untuk tingkat Asosiasi Petani Karet Kuantan Singingi (Apkarkusi) di Kabupaten Kuansing harga bokar sebesar Rp. 12.421 per Kg mengalami penurunan harga dari minggu lalu sebesar Rp 38 per Kg. Di tingkat UPPB Kabupaten Indragiri Hulu sebesar Rp. 10.700 per Kg mengalami penurunan harga dari minggu lalu sebesar Rp 100 per Kg.

Untuk harga bokar di tingkat pabrik acuan yakni Gapkindo dengan Kadar Karet Kering atau KKK 100 persenuntuk minggu ini sebesar Rp 20.000 mengalami penurunan harga dari minggu lalu sebesar Rp 2.200 per Kg.

"Kita Dinas Perkebunan Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat melalui upaya memperkuat kelembagaan petani karet untuk bergabung dalam UPPB sehingga mutu hasil karet rakyat menjadi bersih dan harga di tingkat petani menjadi meningkat," pungkasnya.

Sumber: Cakaplah.com