Enam Pelaku Perampokan Bersenpi Nasabah Bank Berhasil di Tangkap


Foto : Ilustrasi


JAKARTA - 6 orang pelaku perampokan bersenjata api (Senpi) terhadap nasabah bank di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan Jakarta Utara berhasil diringkus polisi. 

Keenam orang pelaku ditangkap ditempat berbeda. Sehingga enpat orang di Tahan di Polda Metro Jaya dan dua pelaku lagi diamankan di Polda Lampung.

"Kami tangkap enam pelaku,"ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Brigadir Jenderal Polisi Yusri Yunus di Markas Polda Metro Jaya, Senin 15 November 2021.

Dijelaskannya, para tersangka punya peran berbeda-beda. Tersangka FA sebagai joki dan eksekutor yang mengambil uang korban.

Kemudian, tersangka NJS sebagai eksekutor. Lalu, tersangka RA memantau keadaan di luar bank.

Tersangka N sebagai joki dan mengawasi keadaan sekitar. Selanjutnya, tersangka A dan AR mencari dan memantau target saat masih berada di dalam bank.

Korban berinisial AM diketahui mengambil uang senilai Rp400 juta untuk membayar gaji  pegawainya.

Keenam tersangka memakai modus kempes ban dan sudah kerap kali beraksi.

"Jadi modus sering terjadi karena pelaku biasa berkomplot, ada yang awasi di dalam bank, lihat nasabah baru ambil uang, dan biasa kontak teman yang ada di luar disampaikan ciri-ciri yang ambil uang dan ada yabg sudah tampung di sana," katanya.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Tubagus Ade Hidayat meminta masyarakat lebih waspada saat mengambil uang dalam jumlah besar.

Dia menyebut, Korprs Bhayangkara membuka diri bila masyarakat butuh pengawalan.

Pasalnya, dalam kasus semacam ini, para pelaku memang menyasar mereka yang tidak dikawal.

Atas perbuatannya, keenam tersangka dijerat Pasal 365 KUHP dan atau Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman pidana sembilan tahun penjara

“Maka saya imbau apabila ada masyarakat mau ambil uang jumlah banyak hubungin polsek setempat untuk dapat pengawalan,” kata Ade menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, perampokan dengan senjata api terjadi di depan pintu KFC Pantai Indah Kapuk, tepatnya di BCA Camar, Jakarta Utara pada Rabu, 10 November 2021 siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Komisaris Besar Polisi Guruh Arif Darmawan mengatakan dirinya belum bisa merinci kronologis serta identitas pelaku dalam perampokan ini.

Berdasar data yang dihimpun, pelaku perampokan disebut berjumlah dua orang, mereka mengendarai sepeda motor saat beraksi.

Pelaku berhasil menggondol uang Rp400 juta dari korban yang diduga baru menarik uang tersebut.***





Sumber : Pojoksatu