Oleng Saat Hindari Kayu, Speed Boat Penumpang Karam di Perairan Inhil




INHIL - Diduga karena menghindari kayu, speed boat penumpang SB Sinar Utama karam di Perairan Sungai Perak, Tembilahan, Inhil, Jumat (13/5/2022) sekitar pukul 14.00 WIB. 

Beruntung speed boat dengan membawa 22 penumpang tujuan Tembilahan - Belantaraya tersebut tidak memakan korban jiwa. Disaat kejadian penumpang di dalam nya berhasil menyelamatkan diri masing-masing.

Bahkan disaat itu karena tidak jauh dari pos utama, personil Polairud Polres Inhil dengan sigap membantu mengevakuasi para korban dan barang-barang bawaan. 

Kemudian SB Sinar Utama digiring ketepian agar tidak tenggelam ke dasar laut. Sedangkan para penumpang dipindahkan ke speed boat lainnya. 

Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan SIK melalui Kasatpolairud  AKP Ronny Simanjuntak saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Ya benar, kejadiannya sekitar jam 2 siang di perairan Sungai Perak,"katanya. 

Kemudian dijelaskannya, peristiwa itu bermula saat nahkoda SB Sinar Utama berangkat dari Kota Tembilahan menuju PT BDL, Belantaraya, Kecamatan Gaung.

Belum lama berangkat dari pelabuhan, di perairan Sungai Perak, nahkoda SB Sinar Utama mencoba menghindari kayu. Karena dengan kecepatan kencang membuat speed boat tersebut oleng hingga mengakibatkan karam. 

"Nahkoda pada saat itu menghindari sebatang kayu yang hanyut, kemudian speed boat oleng hingga kemasukan air dan karam atau tenggelam," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa SB Sinar Utama ini beroperasi masih dalam kapasitas yang sesuai.

"Kalau over kapasitas tidak lah, karena penumpang hanya 22 orang, sedangkan kapasitas muat 25 orang,"tambahnya.

Selain itu, Kasat Polairud Polres Inhil juga menghimbau kepada seluruh Nahkoda Sped Bot yang membawa penumpang dan beroperasi di perairan Inhil agar lebih berhati - hati lagi dalam beroperasi.

"Untuk semua Nahkoda Sped Bot agar kiranya lebih berhati - hati lagi dalam beroperasi, jangan membawa penumpang melebihi kapasitas, menyediakan pelampung serta menjaga Protkes",tutupnya.***