Tanah Longsor di Kabupaten Inhil,Berikut Kronoligi dan Data Korban


INHIL - Musibah tanah longsor kembali terjadi. Kali ini lima unit rumah warga di Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Inhil terjun ke sungai, Sabtu (26/11/2022) sekitar pukul 22.35 WIB.

Selain bangunan rumah, fasilitas umum seperti jalan atau jerambah beton juga mengalami kerusakan akibatnya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

"Termasuk diantaranya, pelabuhan bongkar muat dan pelabuhan penumpang," kata Kepala Pelaksana (Kalksa) BPBD Inhil H Yuspik, Ahad (27/11/2022). 

Menurut Yuspik, saat kejadian pihaknya dihubungi oleh seorang warga bernama Andi. Dia menerangkan titik abrasi berada di Jalan Makmur RT.001 RW.001 Kelurahan Kuala Enok.

 "Musibah ini sudah kita laporkan kepada pimpinan dan ditembuskan kepada BNPB RI," kata Yuspik, lagi. 

Hal yang sama juga disampaikan Kapolsek Tanah Merah AKP Saukani. Katanya ada enam kepala keluarga (KK) yang terdampak.

Menurut AKP Saukani, berawal dari keterangan saksi bernama Woe Fok Min merasa warung miliknya miring kearah depan atau sungai.

"Merasa curiga saksi pun mengemasi barang-barang diwarung nya. Belum sempat berbuat banyak papan warung nya mulai berbunyi dan patah,"jelas AKP Saukani.

Selanjutnya, saksi dan warga lainnya pergi keluar untuk menyelamatkan diri masing-masing. Benar saja, tak lama setelah itu rumah mereka terjun ke sungai.

"Saat kejadian air surut. Tidak ada korban jiwa, sementara kerugian belum bisa ditafsirkan,"tutup AKP Saukani.

Terpisah, Camat Tanah Merah, Antoni mengatakan saat ini pihaknya bersama Kapolsek, Koramil dan dibantu warga sekitar masih melakukan proses penyelamatan barang-barang milik korban.

"Para korban sementara dievakuasi kerumah sanak family masing-masing. Bapak Bupati dikabarkan sudah diperjalana untuk memberikan bantuan,"singkat Antoni.

Adapun korban atau pemilik rumah akibat musibah tanah longsor yakni :

1. Abdul Yakli (72)

2. Eoe Fok Min (58)

3. Sumarni (36)

4. Dewi Sasmawati (53)

5. Ahmad Ahmady (31) dan fasilitas umum seperti pelabuhan bongkar muat, jerambah beton di jalan makmur, jerambah beton di jalan puskesmas dan terkahir pelabuhan penumpang.***