Di Riau ! Angka 8 Ujian Bikin SIM Resmi di Hapus

 


PEKANBARU - Resmi! Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Riau secara resmi telah menghapus praktik ujian SIM C manuver menggunakan angka delapan atau Zig-zag dan diganti huruf S.

Penghapusan ini dilakukan mengikuti arahan Kapolri, yang meminta agar ujian praktik berkendara ini lebih di permudah lagi.

Penerapan angka S ini, akan diberlakukan setelah Dirlantas Polda Riau, Kombes Dwi Nur, Kasubdit Regident AKBP Ruri Prastowo dan Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Birgitta Atvina, meninjau langsung manuver baru pada ujian praktik SIM C di Satpas 0914 Pekanbaru.

"Jadi sesuai arahan Kapolri manuver angka delapan dan zig-zag sudah tidak ada lagi pada praktik uji SIM di Satpas 0914 Pekanbaru," terang Dirlantas.

Kombes Dwi menjelaskan, pergantian manuver dari angka delapan ke huruf S, karena aturan baru ini dinilai lebih memudahkan masyarakat dan dapat diterapkan saat berkendara.

"Pengecekan ujian SIM ini menindaklanjuti arahan Bapak Kapolri, agar ujian praktik berkendara ini lebih di permudah lagi. Jadi hari ini saya datang kesini mengecek manuver yang baru," ujar Kombes Dwi Nur.

Penerapan aturan baru ini, sebut Dirlantas, dikarenakan pola huruf S ini berkaitan dengan pengujian proses pengereman saat berkendara roda dua.

"Pola lama akan dirubah dan untuk pola S nya sudah kami siapkan di lapangan. Dan pola 8 dan zigzag di hilangkan. Ini sudah saya perintahkan di semua satpas yang ada di Riau. Agar mulai hari ini sudah berubah," jelas Dirlantas menutup penjelasan.***