Kapal Pengangkut Tabung LPG Terbakar, 2 ABK Terluka


TEMBILAHAN - Diduga akibat korsleting mesin. Kapal Motor (KM) Karmila pengangkut Gas LPG 3 Kilo terbakar hingga mengeluarkan ledakan dahsyat, kejadiannya di Pelabuhan Lasdap, Tembilahan, Senin (27/5) sekitar pukul 03.00 WIB.

Bahkan akibat kebakaran ini, Kapal Motor (KM) Utami yang disebelahnya juga ikut terbakar. Tidak hanya itu, tiga dari dua orang Anak Buah Kapal (ABK) mengalami luka bakar.

Dari data yang dihimpun, kejadian berawal dari tiga orang ABK bernama Rian, Ramadoni dan Febi Aprilio tengah bersandar di Pelabuhan Lasdap.

Setelah ingin lanjut perjalanan, ABK sedang ingin menghidupkan mesin. Percobaan kedua tiba-tiba mesin mengeluarkan percikan api dan langsung menyambar tabung LPG.

Akibatnya, Nahkoda bernama Ramadoni mengalami luka bakar berat dan berhasil terjun dari kapal. Sementara ABK bernama Febi Aprilio mengalami luka bakar ringan. 

Hal itu dibenarkan Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan SIK saat dikonfirmasi, Senin (27/5) siang.

"Karena ada percikan tiba-tiba muncul ledakan yang berasal dari salah satu tabung gas LPG 3 Kg," kata Kapolres AKBP Budi Setiawan.

Warga yang mengetahui kejadian itu langsung menghubungi Damkar dan membantu meyelamatkan korban ke RSUD Puri Husada Tembilahan.

"2 orang yang mengalami luka bakar sudah dibawa ke RSUD dan sedang dalam perawatan intensif,"ujar Kapolres.

Dari musibah ini dua Kapal Motor habis terbakar. Sedangkan kerugian ditafsirkan mencapai Rp 400 juta rupiah.***