Kolaborasi PLN Icon Plus-Diskominfo Pasbar Percepat Pertumbuhan Ekonomi Digital


SUMBAR – Peran PLN Icon Plus dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sangat penting dalam pengembangan infrastruktur teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) di salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat itu.

Melalui PLN Icon Plus, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dapat menikmati akses data terintegrasi yang stabil untuk mendukung konektivitas digital.

Sedangkan Diskominfo Pasaman Barat bertanggung jawab atas peningkatan akses internet dan layanan TIK untuk mempercepat transformasi digital di Pasaman.

"Kolaborasi kedua lembaga ini telah membawa dampak positif dalam memperluas jaringan TIK, mempercepat pertumbuhan ekonomi digital, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ujar Kepala Diskominfo Pasaman Barat, Armen, SH.

Terpisah, General Manager PLN Icon Plus Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng), Bahru Rodi Ilmawan mengatakan, dengan dukungan terus-menerus dari PLN Icon Plus dan Diskominfo Pasaman Barat, diharapkan infrastruktur TIK di Pasaman akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi seluruh komunitas.

“Infrastruktur TIK semakin berkembang di Pasaman Barat berkat kolaborasi antara PLN Icon Plus dan Diskominfo. Sinergi ini telah menghasilkan langkah progresif dalam penyediaan layanan TIK bagi masyarakat," sebut Bahru kepada media, Kamis (9/5/2024).

Dengan akses yang lebih baik, imbuhnya, masyarakat dapat menikmati manfaat TIK secara lebih luas dan merata.

"PLN Icon Plus turut berperan dalam menyediakan infrastruktur yang aandal, sementara Diskominfo memberikan dukungan teknis dan operasional," tuturnya.

Menurut Bahru, kolaborasi ini juga menciptakan peluang bagi inovasi dan pengembangan lebih lanjut dalam sektor TIK di Pasaman Barat. 

Dia berharap, sinergi ini dapat memperkuat infrastruktur TIK dan mendukung transformasi digital di Pasaman Barat.

Pentingnya perkuatan infrastruktur TIK oleh PLN Icon Plus dan Diskominfo Pasaman Barat sangatlah penting dalam era digital yang terus berkembang, ungkapnya.

"Infrastruktur TIK yang kuat akan memberikan akses yang lebih baik kepada masyarakat dalam mengakses informasi dan komunikasi," jelas Bahru.

PLN Icon Plus dan Diskominfo Pasaman Barat bersinergi untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan infrastruktur TIK di Pasaman.

"Dengan infrastruktur TIK yang kuat, masyarakat dapat mengakses layanan publik secara online, seperti e-government dan e-commerce, serta memperoleh akses yang lebih cepat dan mudah ke informasi penting," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, perkuatan infrastruktur TIK juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Pasaman Barat, dengan mendorong inovasi, kreativitas, dan peluang usaha baru. 

"Dalam era digital ini, penting bagi PLN Icon Plus dan Diskominfo Pasaman untuk terus memperkuat infrastruktur TIK demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Pasaman Barat," tutup Bahru. ***