10 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan


Riau Update - Berikut ini 10 manfaat banyak minum air putih sekaligus alasan mengapa tubuh kita membutuhkan air putih:

1. Melumasi sendi
Tulang rawan ditemukan di sendi dan cakram tulang belakang, mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan penyerapan goncangan sendi, yang menyebabkan nyeri sendi.

2. Membentuk ludah dan lendir
Saliva membantu kita mencerna makanan kita dan menjaga mulut, hidung, dan mata lembap. Ini mencegah friksi dan kerusakan. Minum air putih juga membuat mulut tetap bersih.

3. Memberikan oksigen ke seluruh tubuh
Darah lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit
Dengan dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini. Manfaat minum air putih sebelum tidur juga sangat bagus, di antaranya dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik, tubuh melakukan proses pembaruan sel, tidur menjadi nyenyak, dan mendetoksifikasi dari berbagai racun dalam tubuh.

5. Sebagai bantal otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya
Dehidrasi dapat memengaruhi struktur dan fungsi otak. Ini juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmitter. Dehidrasi berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran.

6. Mengatur suhu tubuh
Air yang disimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Saat menguap, itu mendinginkan tubuh saat olahraga.

Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa ketika air terlalu sedikit di dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang mampu menahan regangan panas.

Cukup banyak air di dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas terjadi selama latihan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk efek ini.

7. Melancarkan sistem pencernaan
Usus membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, sembelit, dan perut yang terlalu asam. Ini meningkatkan risiko sakit maag.

8. Membersihkan sisa-sisa tubuh
Air dibutuhkan dalam proses berkeringat dan pembuangan air seni dan kotoran.

9. Membantu menjaga tekanan darah
Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih tebal, meningkatkan tekanan darah.

10. Melancarkan saluran udara
Ketika mengalami dehidrasi, saluran udara dibatasi oleh tubuh dalam upaya untuk meminimalkan kehilangan air. Ini bisa membuat asma dan alergi lebih buruk.

Itulah keajaiban manfaat air putih yang bisa Anda rasakan jika minum tercukupi. 


Sumber: Dokter sehat.com