News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

15 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan yang Sudah Terbukti Penelitian

15 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan yang Sudah Terbukti Penelitian


Riau update - Minyak kelapa termasuk salah satu bahan dapur yang juga populer sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Tak seperti minyak kelapa sawit yang dituding menyebabkan berbagai masalah kesehatan, minyak kelapa justru diyakini punya sederet khasiat kecantikan.

Apa saja manfaat minyak kelapa untuk kecantikan? Berikut ini beberapa di antaranya seperti dilansir Healthline.

Minyak kelapa adalah minyak yang dibuat dengan mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering. Jika dibiarkan pada suhu kamar, minyak kelapa berbentuk padat dengan warna putih seperti balsam.

Namun jika dipanaskan, ia akan berubah menjadi minyak cair dengan warna putih atau kekuningan. Berbeda dengan minyak kelapa sawit yang warna kuningnya lebih pekat

1. Melindungi Kulit dari Mikroba

Asam lemak yang terkandung di dalam minyak kelapa memiliki khasiat antimikroba, sehingga bisa melindungi kulit dari beberapa jenis mikroorganisme berbahaya. Terutama lauric acid yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri di kulit. Agar kulit terjaga dari infeksi jamur dan bakteri, oleskan minyak kelapa secara teratur.

2. Mencegah Jerawat

Sebuah penelitian menyebut lauric acid di dalam minyak kelapa efektif untuk mengatasi jerawat meradang akibat bakteri Propionibacterium acnes. Agar jerawat lekas sembuh, oleskan minyak kelapa pada kulit yang berjerawat.

3. Mengatasi Inflamasi

Minyak kelapa ternyata memiliki sifat antiinflamasi. Mengoleskan minyak kelapa pada kulit bisa meredakan inflamasi yang menyertai gangguan kesehatan kulit seperti psoriasis, dermatitis kontak, dan eczema. Pasalnya, minyak kelapa meningkatkan antioksidan untuk mengatasi inflamasi. Hal ini terbukti dari sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2013.

4. Meredakan Rasa Sakit dan Pedih Kulit

Melalui sebuah studi, para peneliti mengoleskan virgin coconut oil (VCO) pada telinga tikus-tikus yang mengalami pembengkakan. Tak hanya meredakan inflamasi, ternyata minyak kelapa juga berkhasiat meredakan rasa sakit di kulit telinga tikus.

5. Melembapkan Kulit

Sebuah studi yang dilakukan pada para pasien dengan kulit kering menunjukkan kalau minyak kelapa lebih efektif dalam melembapkan kulit daripada minyak mineral (mineral oil). Karena itulah minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembap kulit alami untuk mengobati kulit kasar, bibir kering, dan dan kulit tumit yang pecah-pecah.

6. Merawat Kulit Eczema

Minyak kelapa terbukti secara klinis dapat meringankan kondisi kulit penderita eczema yang ditandai ruam gatal dan bersisik.

Sebuah penelitian yang dilakukan dengan membandingkan efektivitas minyak zaitun dan minyak kelapa menunjukkan kalau olesan minyak kelapa lebih baik dalam mengobati kulit kering dan gatal akibat eczema.

Sebuah penelitian lain menunjukkan kalau minyak kelapa bisa meringankan eczema hingga 68 persen, lebih efektif daripada perawatan dengan minyak mineral.

7. Membantu Penyembuhan Luka

Sejumlah penelitian membuktikan minyak kelapa bisa membantu penyembuhan luka. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus juga membuktikan kalau olesan minyak kelapa bisa membantu penyembuhan luka.

Merawat luka dengan VCO terbukti mempercepat penyembuhan, meningkatkan aktivitas antioksidan, dan meningkatkan kadar kolagen.


8. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Jika dioleskan pada kulit, minyak kelapa akan melindungi kulit dari sinar ultraviolet penyebab kanker kulit, flek, dan kerutan.

Sebuah penelitian membuktikan minyak kelapa mampu menangkal sinar ultraviolet hingga 20 persen. Walaupun begitu, minyak kelapa tidak akan bisa melindungi kulit seefektif tabir surya konvensional yang bisa menangkal 90 persen sinar ultraviolet.

9. Meringankan Sunburn

Karena sifatnya yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan meredakan rasa sakit, olesan minyak kelapa juga bisa menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.


10. Menjaga Kesehatan Mulut

Minyak kelapa bisa menjadi bahan perawatan ampuh untuk melawan bakteri di dalam mulut. Sebuah penelitian menyebut berkumur dengan minyak kelapa sama efektifnya dalam membunuh bakteri jika dibandingkan dengan mouthwash.

Berkumur dengan minyak kelapa selama sepuluh menit bisa melindungi mulut dari plak, pembusukan gigi, dan gangguan kesehatan gusi.

11. Melunturkan Lemak Perut

Menurut penelitian, minyak kelapa murni bisa membantu melunturkan lemak di perut. Para pria yang mengalami obesitas terbukti mampu mengecilkan ukuran pinggang hingga 2,5 cm dengan menambahkan 2 sendok makan minyak kelapa murni dalam menu makanan sehari-hari mereka.


Mencegah Rambut dari Kekeringan
Sebuah studi membandingkan efektivitas minyak kelapa, mineral oil, dan minyak bunga matahari terhadap rambut. Ternyata hanya minyak kelapa yang mampu mencegah hilangnya protein secara signifikan dari batang rambut. Rambut sehat maupun rusak sama-sama menunjukkan hasil yang bagus saat dirawat dengan minyak kelapa.

13. Sebagai Deodoran Alami

Keringat di ketiak memang tidak berbau, namun bakteri di ketiak bisa menimbulkan bau tak sedap. Sifat antibakteri yang dimiliki minyak kelapa akan mencegah ketiak berbau. Selain itu, minyak kelapa bisa menjadi alternatif deodoran yang bebas bahan kimia berbahaya.


14. Mengobati Kuku Kering

Minyak kelapa bisa digunakan untuk menyehatkan kembali kuku yang kering dan rapuh. Cukup oleskan minyak kelapa pada kuku, kemudian pijat-pijat sebentar.

15.Mengobati Bibir Pecah-Pecah

Karena sifatnya yang melembapkan, minyak kelapa juga bisa dijadikan obat bibir kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan minyak kelapa pada kulit bibir yang kering, kemudian diamkan semalaman. Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa pada kapas higienis, lalu gunakan untuk menggosok-gosok lembut kulit bibir yang kering.

Demikian manfaat-manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit wajah, tubuh, dan rambut.

Namun mereka yang memiliki kulit sangat berminyak mungkin tidak terlalu cocok dengan jenis minyak tumbuhan seperti ini. Pada orang-orang dengan kulit berminyak, minyak kelapa cukup berisiko menyebabkan komedo atau penyumbatan pori-pori.


Sumber: Merdeka.com

Tags