3.000 Orang Lebih Meninggal Akibat Corona, Nyaris 89.000 Orang Terinfeksi


Beijing - Lebih dari 3.000 orang meninggal dunia akibat virus corona secara global. Nyaris 89 ribu orang positif terinfeksi virus ini di sedikitnya 68 negara/wilayah termasuk Indonesia.

Seperti dilansir CNN dan Channel News Asia, Senin (2/3/2020), jumlah total korban meninggal akibat virus corona sejauh ini dilaporkan mencapai 3.043 orang.

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) melaporkan sedikitnya 42 kematian baru akibat virus corona, dengan semuanya ada di Provinsi Hubei yang merupakan pusat wabah virus corona. Secara total, menurut NHC, sudah 2.912 orang meninggal akibat virus corona di wilayah China daratan.

Sementara itu, jumlah korban meninggal di luar China daratan mencapai 131 orang hingga Senin (2/3) waktu setempat.

Jumlah itu terdiri atas 54 orang meninggal di Iran, 34 orang meninggal di Italia, 22 orang meninggal di Korea Selatan (Korsel), 11 orang meninggal di Jepang, kemudian masing-masing dua orang meninggal di Hong Kong, Prancis dan Amerika Serikat (AS) dan masing-masing satu orang meninggal di Filipina, Taiwan, Australia, dan Thailand.

Sejauh ini, sedikitnya 3.043 orang meninggal dunia akibat virus corona secara global.

Korea Selatan membuka layanan kesehatan untuk pemeriksaan corona via drive-thru. Hal itu dilakukan guna mengurangi terjadinya kontak untuk cegah penyebaran virus corona. Pos pemeriksaan virus corona berbentuk 'drive-thru' di wilayah Korsel (AP Photo)

Untuk jumlah total kasus virus corona secara global, saat ini dilaporkan mencapai 88.938 kasus yang tersebar di sedikitnya 68 negara atau wilayah.

NHC dalam laporan terbaru pada Senin (2/3) waktu setempat, menyebut adanya 202 kasus baru, dengan 196 kasus di antaranya ada di Provinsi Hubei. Total kasus virus corona di wilayah China daratan sejauh ini mencapai 80.026 kasus.


Jumlah kasus virus corona di luar China daratan sejauh ini mencapai 8.912 kasus. Dengan kasus terbanyak ada di Korsel yang sejauh ini mencapai 4.212 kasus, kemudian Italia dengan 1.694 kasus dan Iran dengan 978 kasus.

Secara terpisah, Jepang melaporkan total 948 kasus virus corona, dengan 706 kasus di antaranya berasal dari sebuah kapal pesiar Diamond Princess. Pada Senin (2/3) waktu setempat, Indonesia baru saja mengonfirmasi dua kasus virus corona di wilayahnya.

Dalam laporannya, NHC juga menyebut 2.837 pasien virus corona dipulangkan dari rumah sakit sepanjang Minggu (1/3) waktu setempat. Sejauh ini, menurut NHC, total 44.462 pasien dipulangkan dari rumah sakit setempat dinyatakan sembuh dari virus corona di wilayah China daratan.





Sumber: Detiknews.com