Anies Minta Stop Kegiatan Kantor, Bagaimana Pegawai Sektor Ritel?


Jakarta - Seiring dengan meningkatnya virus corona di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta perusahaan menghentikan kegiatan perkantoran dan bekerja dari rumah.

Sementara itu, pengusaha ritel sendiri mengatakan akan tetap mempekerjakan karyawan di toko-toko. Hal ini dilakukan untuk tetap bisa melayani kebutuhan pokok masyarakat.

"Untuk bidang operasional di toko ritel semuanya kami normal. Kami tetap membuka karena kami harus pastikan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi," kata Ketum Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey dilansir dari detikcom, Sabtu (21/3/2020).

Meski masih menugaskan pekerjanya di tengah wabah corona, pengusaha toko ritel diminta membuat standar oeprasional. Salah satunya adalah memberikan jarak antara kasir dengan pembeli.
Baca juga: Anies Minta Setop Kegiatan Kantor, Ini Respons Bos Jasa Kurir

"Kami pun melakukan protap covid 19, hal ini juga untuk meminimalisir penyebaran virus meski kita buka toko. Misalnya, bayar di kasir harus jarak 1 meter, kita kasih tanda batasnya di lantai," jelas Roy.

Para pekerja yang bertugas di toko ritel diberikan juga harus dilengkapi masker dan sarung tangan karet. Dia juga mengatakan semua yang masuk toko akan dicek temperatur tubuhnya terlebih dahulu.

"Kemudian tenaga kasir dan yang ada di toko kita wajibkan dan sediakan memakai masker dan sarung tangan karet. Ada juga kita wajibkan semua orang yang mau masuk dicek dulu pakai thermo gun, itu protap kita," kata Roy.

Sementara itu, bagi pegawai perusahaan toko ritel yang bisa melakukan pekerjaan di rumah dengan modal internet, Roy mengatakan diperbolehkan bekerja dari rumah.

"Untuk administrasi dan pekerjaan staffing di kantor pusat dan cabang yang berhubungan masalah monitor dan pekerjaan yang bisa dilakukan internet kami terapkan work from home," ungkap Roy.

"Pokoknya yang berhubungan dengan monitoring, administrasi, accounting, ini akan kita lakukan di rumah agar penyebaran covid makin berkurang," sambungnya.


Sumber: Detik.com