News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Berapa Lama Virus Covid-19 Bertahan di Benda Mati?

Berapa Lama Virus Covid-19 Bertahan di Benda Mati?


Jakarta - Virus corona bisa menyebar melalui droplet yang ada pada permukaan benda mati. Memangnya berapa lama sih bisa bertahan? Benda berbahan apa saja yang berisiko?

Dilansir dari detikcom yang dirangkum dari berbagai sumber:

Benda apa saja yang berisiko menularkan Virus Corona?

Mengutip ABC news, para peneliti dari Princeton, UCLA dan National Institutes of Health, mengatakan bahwa virus corona dapat bertahan hingga berhari-hari pada permukaan berbahan plastik atau besi.

Selain bahan plastik dan besi, bisa bertahan di bahan lain nggak?

Para ilmuwan menyebut di bahan kardus bisa bertahan selama 24 jam, sedangkan di permukaan tembaga selama 4 jam. Meski begitu belum dijelaskan pasti mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Berapa lama umumnya Virus Corona bisa bertahan di permukaan benda sehari-hari?

Tidak diketahui pasti. Umumnya, virus adalah parasit mudah mati bila tidak menempel pada organisme hidup. Namun salah satu penelitian menyebut virus corona bisa bertahan selama 3 hari.

Bagaimana Virus Corona bisa menyebar lewat benda mati?

Virus corona bisa menyebar lewat benda mati jika di benda tersebut terdapat droplet atau tetesan dari pasien yang terinfeksi virus corona saat batuk atau bersin. Nah, jika kamu memegang benda tersebut dan tak sengaja menyentuh mata, hidung, atau bibir, hal ini bisa berisiko menular.

Para peneliti menyebut hal ini masih butuh penelitian lebih lanjut. Namun untuk melakukan pencegahan yang maksimal, sering membersihkan permukaan benda di sekitar kita dapat membantu mengurangi risiko tertular virus corona.





Sumber: Detik.com

Tags