News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jenazah Pasien Covid-19 Asal Wonogiri Dimakamkan Dini Hari Tadi

Jenazah Pasien Covid-19 Asal Wonogiri Dimakamkan Dini Hari Tadi


Wonogiri - Pasien kedua positif virus Corona atau covid-19 yang meninggal di RSUD Dr Moewardi (RSDM) Solo sudah dimakamkan di kampung halamannya di Wonogiri hari ini. Pemakaman pasien positif Corona ini dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

"Sudah dimakamkan sesuai SOP. Jadi dari sana (RS Dr Moewardi Solo) langsung ke makam," kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo dilansir dari detikcom, Kamis (19/3/2020).

Dia menerangkan, pemakaman dilaksanakan hanya berselang beberapa jam setelah pasien meninggal, Rabu (18/3). Kepala Desa setempat di Kecamatan Jatipurno, menyebut pemakaman jenazah pasien tersebut dilakukan Kamis (19/3) pukul 00.15 WIB dini hari tadi.

Jenazah tidak disemayamkan di rumah duka dan langsung dibawa ke pemakaman. Tim medis dari RS Moewardi sendiri yang membawa jenazah langsung ke pemakaman di desa setempat.

"Jadi tidak dibawa ke rumah duka dulu, langsung ke makam," tutur kades.

Jenazah dibawa dalam peti tertutup. Setibanya di makam, jenazah langsung dimasukkan ke liang lahat. Pekerjaan itu dilakukan sekitar enam petugas medis dengan alat pelindung diri.

"Warga hanya membantu membuat liang lahatnya. Waktu berada di makam juga hanya ada beberapa warga, itu pun ada jarak dengan liang lahat sampai jenazah diturunkan," ungkapnya.

Setelah jenazah dikebumikan, para petugas medis melepas alat pelindung diri masing-masing. Alat pelindung diri itu juga ikut dikubur bersama jenazah pasien tersebut.

"Prosesnya cepat, setelah selesai petugas maupun warga langsung pulang," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang pasien positif COVID-19 meninggal di RSUD Dr Moewardi, Solo kemarin. Pasien ini diketahui berjenis kelamin perempuan berusia 44 tahun.

Perempuan ini termasuk dalam klaster yang ikut sebuah seminar di Bogor, Jawa Barat. Dia diketahui pulang pada 29 Februari 2020 lalu.


Sumber: Detik.com

Tags