WHO Uji Cobakan 4 Alternatif Obat Covid-19, Indonesia Ikut Serta


Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah menguji coba empat alternatif pengobatan untuk pasien virus corona COVID-19. Dalam uji coba tersebut lebih dari 45 negara ikut bergabung dan salah satunya adalah Indonesia.

Empat obat yang tengah diuji sebagai obat alternatif corona yaitu remdesivir, gabungan lopinavir atau ritonavir, gabungan lopinavir atau ritonavir ditambah interferon (beta-1b), dan chloroquine (klorokuin). Riset tersebut dimaksud untuk mendapatkan bukti klinis yang kuat dan valid terhadap efektivitas obat dan keamanan pasien virus corona COVID-19.

Selain itu, keikutsertaan berbagai negara juga bertujuan untuk mempersingkat waktu yang diperlukan agar segera mendapat obat alternatif yang secara resmi bisa segera diberikan pada pasien virus corona COVID-19.

Untuk memastikan pelaksanaan uji coba obat tersebut berjalan dengan baik di Indonesia dan dilakukan sesuai standar, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan dipastikan secara langsung terlibat dalam pelaksanaan riset yang dinamakan Solidarity Trial WHO.

"Indonesia siap berpartisipasi aktif pada riset 4 alternatif terapi Covid-19 dalam Solidarity Trial WHO," kata Kepala Balitbangkes Kementerian Kesehatan, dr Siswanto, MHP, DTM, dikutip dari rilis Kementerian Kesehatan pada Selasa (31/3/2020).


Sumber: Detik.com