Benda Sehari-hari Yang Menjadi Sarang Covid-19


Jakarta - Kasus positif virus corona COVID-19 di Indonesia yang sudah mencapai 1.677 orang pada Rabu (1/4/2020). Pemerintah menghimbau masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati lagi dalam menjaga kebersihan.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengatakan virus corona bisa menginfeksi tanpa harus melakukan kontak langsung dengan pasien penyakit ini.

"Mungkin kita sama sekali tidak melakukan kontak dekat dengan orang yang sakit, tetapi droplet yang ditinggalkan oleh orang sakit di berbagai barang yang lazim digunakan bersama," kata Yuri saat konferensi pers di BNPB, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020).

"Sebagai contoh misalnya handle pintu, meja atau pegangan kendaraan umum ini sangat mungkin menjadi tempat singgah bagi virus ini," lanjutnya.

Menurutnya jika seseorang menyentuh berbagai benda yang dicontohkan tersebut dan tidak segera mencuci tangan, risiko penularan virus corona akan menjadi lebih besar.

"Karena itu mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir minimal 20 detik dan sesering mungkin ini menjadi kunci," tuturnya.


Sumber: Detik.com