Melonjak 7 Ribu dalam 24 Jam, Total Kasus Covid-19 di Rusia Tembus 100 Ribu




Moskow - Total kasus virus Corona (COVID-19) di Rusia telah menembus angka 100 ribu kasus. Lonjakan terjadi setelah otoritas kesehatan Rusia melaporkan tambahan 7.099 kasus dalam 24 jam terakhir.

Seperti dilansir AFP, Kamis (30/4/2020), data terbaru otoritas Rusia menyebut total kasus virus Corona di negara itu kini mencapai 106.498 kasus. Dengan angka tersebut, Rusia telah melampaui Iran dan China untuk total kasus. Rusia kini berada di urutan ke-8 untuk kasus virus Corona terbanyak di dunia.

Jumlah korban meninggal akibat virus Corona di Rusia kini mencapai 1.073 orang.
Dengan tambahan kasus harian terus mengalami peningkatan, Presiden Vladimir Putin pada pekan ini mengingatkan bahwa situasinya masih 'sangat sulit'. Putin menyebut bahwa Rusia berhasil memperlambat penyebaran virus Corona, namun dia memperingatkan bahwa hal ini 'tidak seharusnya membuat kita terlalu yakin'.

Pekan ini, otoritas Rusia memperpanjang periode 'non-working' hingga 11 Mei mendatang, dengan warga Rusia diminta tetap di rumah namun tetap menerima gaji. Namun langkah ini memicu ketidakpastian bagi perekonomian Rusia dan para pemilik bisnis berjuang untuk membayar gaji penuh kepada para pegawai saat operasional ditutup.

Pada Rabu (29/4), Perdana Menteri Mikhail Mishustin mengumumkan perpanjangan larangan masuk untuk warga asing, yang seharusnya berakhir pada Kamis (30/4) waktu setempat. Larangan masuk itu diperpanjang hingga 'perjuangan melawan penyebaran virus berakhir dan situasi epidemi membaik'.



Sumber: Detik.com