6 Dokter dan 10 Tenaga Medis di Bengkulu Tertular Covid-19



Bengkulu - Kasus baru Corona (COVID-19) di Provinsi Bengkulu bertambah 23 orang. Pasien terbanyak berasal dari profesi tenaga kesehatan, yaitu 6 dokter dan 10 tenaga medis.

"Untuk tenaga medis yang positif di Kabupaten Bengkulu Utara saat ini dikarantina di wisma atlet kabupaten setempat," ujar juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu Jaduliwan kepada wartawan, Sabtu (9/5/2020).

Jaduliwan menjelaskan, dari 74 spesimen swab yang baru diperiksa, 23 spesimen dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Total ada 37 kasus Corona di Bengkulu.

Menurut Jaduliwan, 23 kasus baru ini tersebar di berbagai daerah, di antaranya Kabupaten Kepahyang bertambah satu orang petugas medis; Kabupaten Seluma dua orang warga; Kabupaten Bengkulu Utara 3 tenaga medis; Kabupaten Mukomuko satu orang warga; Kabupaten Bengkulu Tengah satu orang; dan Kota Bengkulu sebanyak 15 orang.

Dokter dan para tenaga kesehatan yang terpapar Corona rencananya akan dikarantina di RS M Yunus, Bengkulu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menjelaskan dokter dan tenaga medis tertular karena sehari-hari menangani pasien Corona. "Terbanyak dari tenaga medis, 6 orang dokter, dan 10 orang tenaga medis lainnya. Mereka ini merupakan tenaga medis yang langsung menangani kasus pasien COVID-19," ujar Herwan.

Herwan menyampaikan pihaknya akan melakukan screening ulang agar penyebaran bisa terputus, mengingat sebagian besar pasien terkonfirmasi ini tanpa gejala.



Sumber: Detik.com