Seorang Warga Tiba-tiba Jatuh dan Meninggal di Pasar, Dievakuasi Petugas Ber-APD



Bone - Warga di pasar tradisional Timurung, Ajangale, Bone, Sulawesi Selatan heboh usai salah seorang pria tiba-tiba jatuh saat hendak membeli pisang. Pria yang diketahui bernama Judding (60) itu meninggal dunia.

Dari video yang beredar, tubuh korban tampak jatuh dengan posisi bersujud dan wajah menimpa pisang. Warga di pasar itu pun tak mau mendekat lantaran korban dikira terpapar virus Corona.

Sebelum petugas medis tiba, salah seorang warga memberanikan diri mengangkat dan membaringkan tubuh korban. Dia melakukan itu hanya dengan memakai kantong plastik.

"Korbannya atas nama Judding. Dari keterangan Kepala Desa, korban ini memang sudah lama sakit, ada komplikasi, jauh sebelum ada virus corona. Kata keluarga memang dia ke Pasar sudah dalam kondisi tidak sehat," kata Kapolsek Ajangale, Iptu Sriyono, saat dihubungi detikcom.

Setelah itu, tim medis tiba di lokasi dengan menggunakan APD lengkap. Mereka langsung mengevakuasi korban.

Berdasarkan hasil pemeriksaan riwayat korban, diketahui tidak ada gejala Corona yang dikeluhkan korban. Korban kemudian dipulangkah ke rumah duka tanpa protap COVID-19.
Sementara itu,Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bone menyatakan berdasarkan hasil pemeriksaan mengenai riwayat penyakit, korban meninggal dalam keadaan wajar.

"Setelah proses penyelidikan dan pemeriksaan atas riwayat penyakit korban, kami tidak menemukan adanya gejala terpapar COVID-19. Tim medis turun ke lokasi dengan APD lengkap sebagai bentuk antisipasi dan protap kami," kata juru bicara COVID-19 Bone, dr Yusuf, dilansir dari detikcom di posko terpadu.

Seperti diketahui, virus Corona ini sudah menyebar di seluruh provinsi di Indonesia. Di Bone sendiri, tercatat sudah ada 5 warga yang dinyatakan positif dan kini menjalani proses karantina.
Sebanyak 19.033 warga telah mejalani proses pemeriksaan, 297 dalam status ODP. 9 orang lainnya telah dinyatakan berstatus PDP.


Sumber: Detik.com