2 Atlet Anggar Pekanbaru Dicoret, KONI segera Gelar Pertemuan



RIAUUPDATE.COM, PEKANBARU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekanbaru angkat bicara terkait polemik pencoretan 2 atlet anggar Pekanbaru yang dipersiapkan untuk PON XX Papua tahun 2021 mendatang.

Ketua KONI Kota Pekanbaru, Anis Murzil mengaku pihaknya menyayangkan pencoretan 2 atlet anggar Pekanbaru dari tim PON XX oleh Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Riau tersebut.

"Kita akan mempertanyakan secara resmi terkait hal tersebut ke KONI Riau sebagai induk cabang olahraga. Rencananya kita gelar pertemuan Senin (29/6/2020)," ujar Anis, Sabtu (27/6/2020), mengutip Cakaplah.com

Dikatakan Anis, pihaknya ingin membela atlet Kota Pekanbaru yang dicoret dari daftar atlet PON. Dua atlet yang dicoret itu ialah Kevin Fadilah di nomor floret putra dan Silvia Andini di nomor degen putri.

"Untuk anggar tentunya kita berkeinginan membela atlet Kota Pekanbaru menurut hasil kualifikasi Pra PON. Di mana masing-masing atlet kita masuk ke dalam kelompok beregu floret putra dan degen putri," Cakapnya.

Dikatakan Anis, berdasarkan keterangan Pengprov IKASI Provinsi Riau, dua atlet itu dicoret berdasarkan hasil Rapat Kerja (Raker) beberapa waktu lalu. Sementara dari pihak Kota Pekanbaru menjelaskan bahwa ada kesepakatan untuk memilih atlet yang mengikuti PON berdasarkan rangking atlet di Pra PON tahun lalu.

"Selain keterangan itu, kita juga mempelajari dokumen-dokumen hasil dari kualifikasi Pra PON. Dari sini sebenarnya kita sudah punya kesimpulan," terangnya.

Ia mengatakan, kesimpulan ini nantinya juga akan disampaikan kepada KONI Provinsi Riau. Namun, ia menegaskan sebelumnya pihaknya juga akan mendengarkan pertimbangan dari KONI Riau.

"Apapun pun pertimbangan dari KONI Riau nanti, tentu kita sikapi dari kesimpulan itu," tukasnya.

Sebagai informasi, 2 atlet anggar Pekanbaru berhasil meraih tiket bertanding di ajang PON XX Papua tahun 2021 mendatang berdasarkan hasil Pra PON 2019. Dua atlet anggar tersebut adalah Kevin Fadilah yang menempati peringkat 2 di nomor floret putra dan Silvia Andini di peringkat 3 nomor degen putri.

Namun, hasil raker Pengprov IKASI Riau, 8 Maret 2020, menetapkan kuota 15 atlet inti anggar Riau dari total 20 atlet yang lolos ke PON XX.

Imbasnya, 2 atlet anggar Pekanbaru dicoret dari skuad inti anggar Riau, yang kemudian menuai protes dari anggar Kota Pekanbaru karena menilai alasan pencoretan tidak masuk akal.