94 Pengungsi Rohingya di Aceh Dibawa ke Darat-Patungan dan Beri Makan



Banda Aceh - 94 pengungsi Rohingya yang diselamatkan nelayan Aceh sempat dilarang turun dari kapal. Warga kemudian ramai-ramai ke lokasi untuk membawa mereka ke daratan.

"Tadi sekitar pukul 16.30 WIB sudah dibawa turun oleh warga. Mereka sekarang ditempatkan di pondok-pondok di pinggir pantai," kata Panglima Laot Aceh Utara, M Hasan, kepada wartawan, Kamis (25/6/2020), mengutip Detik.com.

Kapal yang ditumpangi Rohingya awalnya lego jangkar sekitar satu mil dari daratan Bayu, Aceh Utara. Warga dengan menggunakan boat berangkat lokasi untuk menarik kapal ke tepi Pantai Lancok.

Hasan mengatakan ke-94 pengungsi Rohingya ditempatkan di pondok-pondok pinggir pantai. Warga di sana juga patungan membelikan makanan untuk 'manusia perahu' tersebut.

"Tadi sudah diberikan makanan oleh warga. Masyarakat kutip sumbangan untuk beri makan mereka," ujar Hasan.
Sebelumnya, puluhan warga Rohingya diselamatkan nelayan dari perairan Aceh Utara. Mereka diduga terkatung-katung di laut setelah kapal yang mereka tumpangi rusak.

"Kapal KM Nelayan 2017.811 yang mengangkut WNA (warga negara asing) mengalami kerusakan di lokasi lebih kurang 4 mil dari pesisir Pantai Seunuddon Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara," kata Kapolsek Seunuddon Iptu M Jamil kepada wartawan, Rabu (24/6/2020).

Jamil menjelaskan, berdasarkan laporan awal, jumlah Rohingya yang diselamatkan terdiri dari 15 orang laki-laki dewasa, 49 perempuan, dan 30 anak-anak.