Bayi 5 Bulan di Brasil Sembuh dari Covid-19 Setelah Sebulan Koma



Brasilia - Seorang bayi berusia 5 bulan di Brasil, berhasil sembuh dari virus Corona (COVID-19) setelah jatuh koma selama lebih dari sebulan terakhir. Bayi laki-laki ini telah dipulangkan dari rumah sakit dan bersiap merayakan usianya yang menginjak 6 bulan.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (1/6/2020), bayi laki-laki bernama Dom ini dinyatakan terinfeksi virus Corona sekitar beberapa bulan usai dia dilahirkan. Dia menjalani perawatan medis di rumah sakit Pro-Cardiaco di Rio de Janeiro, dan dibuat koma secara medis (induced coma).

Bayi ini menghabiskan 54 hari di rumah sakit, dengan 32 hari di antaranya dia dalam keadaan koma dan menggunakan ventilator.

"Dia mengalami kesulitan bernapas jadi dokter mengira itu infeksi bakteri. Namun pengobatannya tidak manjur dan kondisinya memburuk. Kemudian saya dan istri saya memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit kedua dan mereka memeriksanya. Itu adalah virus Corona," ujar ayah bayi ini, Wagner Andrade, kepada CNN.

Tidak diketahui secara jelas bagaimana bayi ini terinfeksi virus Corona. Sang ayah memperkirakan bayinya tertular saat mengunjungi rumah seorang kerabat.

Andrade dan istrinya, Viviane Monteiro, menyebutnya sebagai sebuah 'keajaiban' bahwa bayinya bisa sembuh dari virus Corona. "Pertama, saya merasa lega, dan kemudian merasakan kebahagiaan yang tak terlukiskan. Kami ingin sekali membawanya pulang selama lebih dari 50 hari," ucap Andrade.

Bayi Dom akan merayakan usia ke-6 bulan pada 14 Juni di rumahnya bersama orangtuanya. Kerabat bayi Dom akan ikut merayakan, namun secara virtual.

Menurut data Kementerian Kesehatan, Brasil sejauh ini melaporkan 29 kematian akibat virus Corona di kalangan bayi berusia di bawah 12 bulan. Total kasus virus Corona di Brasil kini mencapai 465.166 kasus, dengan 27.878 kematian.


Sumber: Detik.com