Melalui Vidcon, Bupati Lakukan Seminar Komoditas Pokok Tentang Kelapa




TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs HM Wardan MP melakukan seminar melalui Video Conference (Vidcon) tentang komoditas pokok di Kabupaten Inhil, yaitu kelapa, Rabu (3/6/20) siang.

Kegiatan itu dilaksanakan di Posko Gugus Tuga Covid-19 (Studio GGTV). Dimana seminar tersebut mengusung tema, Strategi Penguatan Kelapa Nasional Pelajaran dari Daerah Kelapa.

Pada pengantarnya, Bupati menjelaskan sekilas mengenai kondisi geografis Kabupaten Inhil. Disebutkannya bahwa Inhil merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Riau yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi dan Kepulauan Riau.

"Kabupaten Indragiri Hilir memiliki hamparan kebun kelapa yang sangat luas sekali, sehingga kami memberi julukan sebagai Kabupaten Hamparan Kelapa Dunia," kata Bupati.

Dirinya mengutarakan bahwa pemberian julukan tersebut bukan tanpa alasan. Berdasarkan data yang dihimpun, luas tanamam kebun kelapa rakyat, terbagi menjadi beberapa komoditas.

1. Kelapa dalam tercatat 302.370 hektar atau 59,80 persen
2. Kelapa hibrida seluas 38.404 hektar

"Kemudian ada juga komoditas-komoditas lainnya yang dominan di wilayah kami. Ada sawit, ada kopi, ada kakao, ada pinang, ada sagu, karet, dan nipah. Tetapi yang paling banyak adalah kelapa, baik kelapa dalam maupun kelapa hibrida," terangnya.

Selanjutnya, Bupati juga mengungkapkan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Inhil dalam memperkenalkan Kabupaten Inhil sebagai daerah penghasil kelapa terbesar di Indonesia.

"Pernah kita laksanakan peringatan HPN di Kabupaten Inhil dengan mendatangkan wartawan baik dari pusat maupun daerah. Kita minta mereka membuat tulisan mengenai perspektif atau sudut pandang mereka masing-masing mulai dari turunan kelapa, peningkatan, maupun hasil. Dan ini sebagai masukan bagi Pemerintah Kabupaten Inhil," papar Bupati.

Selain itu, imbuhnya, beberapa kali telah dilakukan seminar nasional dan MoU dengan berbagai perusahaan dalam mengembangkan perkelapaan di Kabupaten Inhil.

Tidak hanya itu, Kabupaten Inhil juga tengah mempersiapkan penyediaan bibit unggul kelapa. (RA)