5 Kabupaten Ini Akan Jadi Daerah Percontohan Penanganan Karhutla



Pekanbaru – Oleh Pemerintah Pusat, lima kabupaten di Provinsi Riau akan dijadikan daerah percontohan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Jadi ada lima kabupaten di Riau yang akan dijadikan contoh, yaitu Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Pelalawan dan Indragiri Hulu," kata Gubernur Riau (Gubri), dikutip dari cakaplah.com.

Lebih lanjut Gubri mengatakan, beberapa waktu lalu Menteri LHK RI, Siti Nurbaya datang ke Riau membahas pencegahan terhadap Karhutla yang terjadi setiap tahun di Riau.

"Buk Menteri bertemu dengan saya dan Kapolda, beliau menyampaikan berkenaan dengan Karhutla yang terjadi setiap tahun di Riau agar pencegahannya dilakukan secara permanen. Dan Riau akan dijadikan contoh (pilot project) penanganan Karhutla, dan di Riau ada lima kabupaten itu yang dijadikan contoh," terangnya.

"Jadi mari kita jaga kepercayaan pemerintah pusat ini. Makanya nanti setiap rapat penanganan Karhutla dengan Ketua Satgas Karhutla, tak hanya kami yang diundang, tapi kepala dinas di lima daerah itu akan dilibatkan," tuturnya.