Di Hong Kong Kasus Baru Covid-19 Menyebar Tak Terkendali



Jakarta - Masyarakat diminta tetap mematuhi menjaga jarak sosial. Sebab pada Ahad (20/7), kasus harian di negara itu mencapai rekor tertinggi harian lebih dari 100 kasus. Kasus baru Covid-19 harian di Hong Kong dan menyebar tak terkendali di kota itu. 

Padahal Hong Kong sudah berhasil dalam menanggulangi penyakit itu, terutama dalam pengendalian transmisi lokal pada akhir Juni. Namun, dalam dua minggu terakhir, kasus-kasus mulai melonjak lagi. Para dokter khawatir penyebarannya tidak terdeteksi di wilayah padat berpenduduk 7,5 juta orang itu.

Kepala Eksekutif Carrie Lam mengatakan, lebih dari 500 infeksi telah dikonfirmasi dalam dua minggu terakhir. Sehingga totalnya menjadi 1.788 kasus dengan 12 kematian. Lebih dari 100 dikonfirmasi dalam sehari.

“Saya pikir situasinya benar-benar kritis dan tidak terkendali,” kata kepala Carrie Lam kepada wartawan seperti dilansir dari Channel News Asia, Senin (20/7), dikutip dari Riaupos.co.

Lam mengumumkan langkah-langkah jarak sosial, menutup banyak pusat bisnis termasuk bar, gimnasium dan klub malam. Dia memerintahkan semua orang untuk memakai masker di transportasi umum.

Lam mengumumkan langkah-langkah baru termasuk rencana untuk mewajibkan mengenakan masker di dalam setiap ruangan publik. Dan perintah baru agar pegawai negeri untuk bekerja dari rumah.
Hong Kong sudah terperosok dalam resesi ketika pandemi melanda berkat perang dagang AS-Tiongkok dan berbulan-bulan akibat kerusuhan politik tahun lalu. Lam memerintahkan setiap orang untuk lebih baik tetap di rumah.

Pihak berwenang mengatakan pengujian akan ditingkatkan, menargetkan populasi berisiko tinggi seperti pengemudi taksi dan pekerja restoran setelah klaster di sana ditemukan. Beberapa infeksi juga melanda panti jompo, kelompok rentan tertular.

“Sulit mengatakan langkah apa yang perlu kita laksanakan. Banyak tempat telah memerintahkan orang untuk tinggal di rumah,” katanya.