DPRD Riau Gelar Salat Id di Areal Kantor dan Tetap Patuhi Protokol Kesehatan




Pekanbaru - Pelaksanaan salat dibuka untuk umum, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau memastikan bakal menggelar salat Idul Adha di areal gedung perkantoran, Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru.

Bagi masyarakat sekitar gedung DPRD Riau, dipersilakan hadir untuk mengikuti rangkaian kegiatan salat id. Dengan catatan, tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Hal itu disampaikan Ketua Masjid Daarul Abrar DPRD Riau Sugeng Pranoto, Rabu (29/7/2020). Selain salat id, pihaknya juga bakal menggelar pemotongan hewan kurban keesokan harinya, Ahad (1/8/2020), dikutip dari Riaupos.co.

"Silahkan. Masyarakat sekitar kantor yang ingin mengikuti salat id, boleh datang. Karena kan di buka untuk umum. Namun harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19," tutur Sugeng.

Lebih jauh disampaikan dia, sejauh ini panitia pelaksanaan salat Idul Adha DPRD Riau telah melakukan sejumlah persiapan. Mulai dari lokasi pelaksanaan salat hingga imam dan khatib salat id. Begitu juga dengan sarana prasarana untuk mengikuti protokol kesehatan.

Seperti penyediaan tempat cuci tangan bersih, masker bagi masyarakat yang lupa membawa masker dan lain sebagainya. 

"Kami juga rencanakan penyediaan masker. Siapa tau ada masyarakat yang terburu-buru, kemudian tidak sempat bawa masker. Kami kasih," pungkasnya.

Soal pemotongan hewan kurban, pihaknya sengaja menggelar pada hari Ahad. Karena jika dilaksanakan pada hari kerja, pihaknya khawatir pelaksanaan berlangsung tidak tertib. Hal itu berdasarkan tahun sebelumnya yang digelar pada hari kerja.

Dirinya memperkirakan bakal ada belasan sapi hewan kurban yang akan di sembelih. Dengan sasaran distribusi, pegawai DPRD Riau, masyarakat sekitar kantor, pesantren hingga panti asuhan.

"Sampai saat ini yang sudah pasti ada sekitar 10 sapi. Kemungkinan hingga besok sudah belasan. Mudah-mudahan pelaksanaan hari raya Idul Adha tahun ini berjalan lancar tanpa ada kendala berarti," tuntasnya.