Per 1 Juli, Kembali Ditemukan Kasus Positif Covid-19 di Riau



Jakarta - Berdasarkan data  tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nasional, Riau kembali ditemukan satu kasus positif baru. Total keseluruhan kasus positif di Riau saat ini menjadi 227 orang.

Sedangkan pasien sembuh bertambah dua orang, total keseluruhan menjadi 178 orang. Sementara pasien meninggal masih tetap 10 orang.

Selain  itu, kasus penularan virus secara nasional masih terjadi. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya kasus psoitif baru dari beberapa daerah. Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 per hari ini Rabu (1/7/2020) sebanyak 1.385 totalnya menjadi 57.770. Kemudian pasien sembuh sebanyak 789 orang, sehingga totalnya 25.595 orang, dikutip dari Riaupos.co.

"Akumulasi kasus konfirmasi Covid-19 yang positif adalah sebanyak 1.293 orang, sehingga total menjadi 56.385 orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto saat konferensi pers di Graha BNPB Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Yuri menyebut, berdasarkan data epidemiologi menggambarkan dengan jelas bahwa penularan virus masih terjadi di tengah-tengah masyarakat. Oleh kerena itu, disiplin dan mematuhi protokol kesehatan adalah kunci memutus rantai penularan virus.

"Ini kita maknai data hari ini bahwa proses penularan masih saja terjadi. Artinya masih ada sumber penularan  ada di tengah-tengah kita yang belum melaksankan tindakan isolasi dengan baik. Dan masih banyak kelompok rentan yang tidak menyadari bahwa mereka sangat mudah terinfeksi," jelas Yuri.

"Oleh sebab itu saudara-saudara mari kita bersama-sama memahami hal hal mengenai protokol kesehatan dan informasi-informasi terkait Covid-19 ini secara terus menerus," pungkasnya.