Sebelum Salat Id di Lapangan Ratusan Jemaah Dicek Suhu Tubuh



Pekanbaru - Ratusan masyarakat Pekanbaru terlihat sangat antusias mengikuti pelaksanaan salat Id di Lapangan Bukit, Jalan Kesehatan, Kecamatan Senapelan, Jumat (31/07/2020) pagi.

Terlebih lagi pada saat hari raya Idul Fitri beberapa bulan yang lalu, umat muslim di Pekanbaru tidak dapat melaksanakan ibadah Shalat Id dikarenakan pada saat itu Kota Pekanbaru sendiri baru selesai menerapkan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB).

Sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Provinsi dan pemerintah Kota Pekanbaru, dalam pelaksanaan salat Id di lokasi tersebut menggunakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Terlihat setiap jemaah yang ingin memasuki lapangan tersebut disambut oleh beberapa orang personel dari Satpol PP Kota Pekanbaru yang langsung melakukan pengecekan suhu tubuh, seusai melakukan pengecekan suhu tubuh kemudian masyarakat diahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

"Untuk mencegah kesehatan ini sangat baik, hanya saja pelaksanaan di lapangannya kurang. Jadi karena banyak masyarakat yang awam dan juga mungkin di rumah kurang menerapkan protokol kesehatan jadinya pelaksanaan di lapangannya kurang," kata Devi, warga setempat, dikutip dari cakaplah.com.

Sementara itu, Andika salah seorang personel dari Satpol PP Kota Pekanbaru menuturkan bahwa tak jarang ada masyarakat yang bandel dan sulit untuk diberikan pengertian atau pemahaman terkait dengan protokol kesehatan saat menjalankan shalat Id.

"Kebanyakan emak-emak sulit untuk kita (Satpol PP) berikan pemahaman, ada juga yang tidak menggunakan masker dengan berbagai alasan seperti bangun kesiangan sehingga terburu-buru untuk pergi ke lapangan," pungkasnya.