News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di RSUD Arifin Achmad 68 Calon Kepala Daerah Jalani Tes Kesehatan

Di RSUD Arifin Achmad 68 Calon Kepala Daerah Jalani Tes Kesehatan

Pekanbaru - 68 calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di 9 kabupaten/kota se Riau jalani tes kesehatan yang dipusatkan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau di Pekanbaru.

Komisioner KPU Riau Divisi Teknis Penyelenggaran, Joni Suhaidi mengatakan bahwa tes kesehatan tersebut dilakukan bertahap, tiap orang akan menjalani tes dua hari.

"Sudah dimulai pada tanggal 6 - 7 kemarin. Tanggal 8 - 9 dan terakhir 10 - 11 September," kata Joni Suhaidi, Selasa (8/9/2020), dikutip dari cakaplah.com.

Joni Suhaidi menyebut biaya untuk periksa kesehatan seorang bakal calon lebih kurang Rp20 juta yang dimasukkan dalam APBD daerah setempat dalam gelaran Pilkada. Adapun tes kesehatan tersebut meliputi berbagai komponen, yakni biaya pemeriksaan dari unsur Ikatan Dokter Indonesia (IDI), biaya bebas narkoba (BNN), biaya pemeriksaan kesehatan jiwa, dan biaya sewa rumah sakit.

"Angka persisnya saya kurang tahu, karena urusan sekretariat KPU. Tapi yang jelas di kisaran Rp20 juta-an untuk satu orang bakal calon," ungkap Joni lagi.

"Pada prinsipnya KPU hanya menerima hasil rekom dari RSUD. Rekom tersebut nanti menyatakan bahwa bakal calon A mampu atau tidak secara jasmani dan rohani. Kita hanya menerima laporan seperti itu," jelas Joni.

Disinggung mengenai perawatan kepada Bacalon yang terkonfirmasi Covid-19, Joni mengatakan akan ditanggung pemerintah, namun di luar dari anggaran gelaran Pilkada.

Dari informasi yang diperoleh, Pemeriksaan dilakukan selama enam hari. Setiap hari ada 12 pasangan calon yang diperiksa kesehatan jasmani dan kejiwaan.

Bapaslon yang menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani di RSUD Arifin Achmad pada hari ini, Selasa (8/9/2020) diantaranya adalah pasangan calon di Pilkada Dumai, yakni Edi Sepen - Zainal Abidin. Kemudian pasangan Paisal - Amris yang juga maju pada Pilkada Dumai.

Kemudian ada dua pasangan calon yang maju di Pilkada Meranti, Mahmuzin Taher-Nuriman, dan pasangan Muhammad Adil - Asmar.

Pasangan Hafith Syukri-Erizal yang maju di Pilkada Rokan Hulu. Kemudian pasangan Sayed Abubakar Asegaf- Reni Nurita yang maju di Pilkada Siak.

Kemudian di hari yang sama, juga dilakukan tes kesehatan ke empat Paslon yang maju di Pilkada Inhu, yakni pasangan Siti Aisyah - Agusrianto. Kemudian, Nurhadi - Toni Sutianto, Rezita Meylani - Junaidi Rachmat, dan pasangan Rizal Zamzami - Yoghi Susilo.

Selanjutnya, pasangan Kaderismanto - Iyeth Bustami yang maju di Pilkada Bengkalis, dan pasangan Adi Sukemi - M Rais yang maju di Pilkada Pelalawan.

 

Tags