Gudang Farmasi Pekanbaru Terbakar Diduga Karena Korsleting


Pekanbaru - Dugaan sementara kebakaran gudang distributor farmasi, PT Bina San Prima di Komplek Pergudangan Gajah Mada, Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru Rabu (2/9/2020) malam, diduga karena hubungan pendek arus listrik (korsleting). 

"Diduga karena korsleting listrik di bagian belakang gudang," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya saat dikonfirmasi melalui Kapolsek Bukit Raya, Kompol Bainar, Kamis (3/9/2020), dikutip dari Klikmx.com.

Kebakaran yang terjadi pada pukul 20.00WIB itu, membakar tumpukan kardus farmasi, hingga menghanguskan seluruh isi gudang. 

Berdasarkan keterangan salah seorang saksi, Zulkifki (58) yang juga seorang karyawan showroom yang berada tidak jauh dari lokasi itu mengatakan, sebelum melihat api membesar dari gudang tersebut, dirinya lebih dulu mencium aroma asap terbakar.

Kemudian ia melihat di sekeliling showroom untuk memastikan sumber asap tersebut. Karena merasa sudah aman, ia kembali naik ke lantai 2 sambil menoleh ke jendela belakang dan melihat ada asap serta api yang sudah membesar dari arah belakang, yakni gudang farmasi. 

Ia pun bergegas keluar memberitahukan kepada warga sekitar bahwasanya ada salah satu ruko yang terbakar. Warga pun langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran. 

Ditambahkan Bainar, gudang tersebut merupakan gudang obat-obatan. Saat kejadian kondisi gedung hanya dijaga oleh sekuriti. 

"Itu gudang obat, tidak sampai habis (terbakar) semua, karena api bisa cepat dipadamkan," terang Bainar. 

Api berhasil dipadamkan setelah lebih kurang dua jam lebih, pihak pemadam kebakaran berusaha menjinakkan api dengan menggunakan delapan mobil pemadam kebakaran.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Garis polisi pun telah dipasang pihak kepolisian pada lokasi kebakaran tersebut. 

"Hari ini pemilik dan saksi-saksi kita panggil ke kantor untuk diperiksa. Penyebab pastinya kita masih dalam penyelidikan. Jumlah kerugian materil kita belum bisa pastikan," tutupnya.