Untuk Ketahahan Pangan di Masa Pandemi, Kampung Tangguh Kembali Panen Raya




INHIL - Untuk ketahan pangan masyarakat dalam ditengah kondisi pandemi covid-19 ini.  Kampung Tangguh Nusantara di Desa Pekan Kamis, Kecamatan Tembilahan Hulu kembali panen raya, Jumat (19/2/21) siang. 

Panen raya itu dipimpin langsung Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan dan dihadiri Kasat Lantas, AKP Lassarus Sinaga, Kanit Binmas Polsek Tembilahan Hulu, Iptu Inger Dimejo, Kelompok Tani dan beberapa orang personil dari Polres dan Polsek. 

Dimana panen raya dengan lahan kurang lebih dua hektar ini sayuran seperti timun, pare dan kacang panjang.

Panen raya yang dirasakan oleh masyarakat Desa Pekan Kamis ini merupakan bentuk keberhasilan dari program Kampung Tangguh Nusantara, Gerakan Jaga Kampung Ketahanan Pangan yang diinisiasi oleh Polres Inhil. 

Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan menyampaikan bahwa ini adalah bentuk upaya preventif pencegahan penyebaran Covid-19. Tujuannya mulia karena menggerakkan masyarakat meningkatkan gotong royong, ketahanan pangan, persatuan dan kesatuan serta pola gaya hidup sehat.

"Program Kampung Tangguh di Desa Pekan Kamis ini berhasil menyejahterakan masyarakat di sini. Terutama yang menjadi bagian Kelompok Tani Karya Mekar, mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya banyak dalam penyediaan sayur-sayuran,"ujar Kapolres Inhil AKBP Dian. 

Sementara Kepala Desa Pekan Kamis, Misman mengatakan dampak positif yang dirasakan masyarakat sekitar di antaranya sangat membantu perekonomian masyarakat di lokasi kampung tangguh. 

"Sebab masyarakat tempatan diberdayakan bersama-sama kelompok tani Karya Mekar dan merasakan manfaatnya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari,"kata Misman.***