Helikopter Water Bombing Bantuan KLHK Padamkan Karhutla

Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengerahkan satu unit Helikopter Water Bombing bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), untuk pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di dua kabupaten, yakni Bengkalis dan Rokan Hilir (Rohil). 

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Riau, Hadi Penandio melalui Kepala Bidang Kedaruratan, Jim Gafur, Selasa (2/3/2021). 

Jim Gafur mengatakan, helikopter bantuan KLHK tersebut baru tiba di Pekanbaru kemarin, Senin (1/3/2021). 

Kemudian hari ini langsung dioperasikan untuk melakukan pemadaman di dua daerah tersebut. 

"Hari ini helikopter bantuan KLHK fokus melakukan pemadaman di Bengkalis dan Rohil. Karena wilayah di dua daerah itu terjadi kebakaran yang sulit dijangkau Satgas Darat, dikutip dari Cakaplah.com.

Jim berharap dengan dikerahkan pemadaman melalui udara, kebakaran di Bengkalis dan Rohil dapat dikendalikan. Sehingga kebakaran tidak meluas. 

Lebih lanjut Jim Gafur menyampaikan, terlebih helikoter tersebut akan melakukan pemadaman di Bengkalis. Kemudian baru bertolak ke Rohil. 

"Tapi sebelum ke Rohil, helikoter akan bersandar dulu ke Dumai untuk mengisi Bahan Bakar minyak (BBM) usai memadamkan api di Bengkalis," cakapnya.