Terpantau 2 Wilayah Karhutla dan 41 Hotspot di Riau

Pekanbaru - Sebanyak 41 titik panas atau hotspot terpantau di Riau hari ini, Kamis (11/3/2021). Jumlah ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawaddah, Kamis (11/3/2021). Ia mengatakan 41 titik panas ini tersebar di 7 wilayah.

"Terbanyak itu di Kabupaten Siak yakni sebanyak 11 titik, Bengkalis dan Pelalawan masing-masing 9 titik, Kabupaten Indragiri Hilir 8 titik,  Kepulauan Meranti 2 titik, Kota Dumai dan Rokan Hilir masing-masing 1 titik," ujar Yudhistira Mawaddah, Kamis (11/3/2021), dikutip dari Cakaplah.com.

Ia mengatakan dari jumlah tersebut, 2 titik diantaranya berada di level tinggi. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kedua titik tersebut berada di Kabupaten Bengkalis tepatnya di Kecamatan Siak Kecil dan 1 titik lagi di Kabupaten Siak tepatnya di Kecamatan Bunga Raya.

"Sementara untuk 6 titik lainnya berada di level rendah dan 33 titik lagi berada di level sedang. BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sebutnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 33.0 °C dengan kelembapan udara 55 - 98 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan 05 - 36 km/jam

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 m (rendah).