Hujan Petir dan Angin Kencang Masih Berpotensi Guyur Riau

Pekanbaru - Hujan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau di akhir pekan ini, Ahad (18/4/2021).

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Ahmad Agus Widodo mengatakan hujan akan mulai mengguyur Riau pada malam hari hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Ahmad Agus Widodo, Ahad (18/4/2021), dikutip dari Cakaplah.com.

Ia mengatakan pagi hari terjadi kekaburan akibat partikel kering dan basah terutama di wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Siak, dan Kota Pekanbaru.

"Untuk siang hingga sore hari cuaca Riau cerah berawan, tak ada potensi hujan," Cakapnya.

Untuk malam hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, dan Kota Pekanbaru.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian besar merata di seluruh wilayah Provinsi Riau," sebutnya.

Lanjut Ahmad Agus, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. 

"Yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbaru," jelasnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 33.0 °C dengan kelembapan udara 55 - 98 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Selatan - Barat Daya dengan kecepatan 05 - 37 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.1 - 0.5 m (rendah).