Pemprov Riau Akan Segera Kirim Bantuan Peralatan ICU ke Kabupaten/Kota

Pekanbaru - Kabupaten dan kota di Provinsi Riau mengusulkan agar adanya penambahan ruang ICU di rumah sakit untuk penanganan pasien Covid-19 bergejala berat.

Terkait hal itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, terkait usulan kabupaten/kota terhadap penambahan ruang ICU tentu pihaknya akan segera menanggapi, karena ICU ini sangat urgen untuk penanganan pasien bergejala berat.

"Memang usulan kabupaten/kota, adanya penambahan ruang ICU. Termasuk terkait peningkatan fasilitas dan peralatan yang ada di rumah sakit," katanya.

Gubri menyampaikan, sebenarnya apa yang diharapkan kabupaten/kota tersebut alatnya sudah tersedia. Karena usulan Pemprov Riau untuk mendapat dukungan peralatan dari Kementerian Kesehatan sebagian sudah datang.

"Itu (ICU) sebenarnya barangnya sudah ada, tinggal nanti kami sampaikan ke kabupaten/kota. Apalagi permintaan kita saat kunjungan kerja Presiden sudah dipenuhi Kementerian Kesehatan," terangnya.

Karenanya, Gubri minta kepala dinas kesehatan kabupaten/kota nantinya dapat menyalurkan bantuan peralatan ICU itu ke rumah sakit setempat.

"Tentu kami minta bantu kepala dinas kabupaten/kota untuk menyampaikan ke rumah sakit di masing-masing daerah. Karena alat itu sangat dibutuhkan rumah sakit untuk menangani masyarakat kita yang terpapar Covid-19. Khususnya untuk membantu penanganan pasien yang bergejala berat," ungkapnya.