Gary Iskak Disebut Idap Kanker Hati, Kenali Penyebab dan Resikonya

Jakarta - Aktor Gary Iskak saat ini tengah dirawat di rumah sakit, dengan selang yang terpasang di hidungnya. Istri Gary, Richa Novisha, mengungkapkan belum bisa menjelaskan soal penyakit yang diidapnya.

Namun, salah satu sahabat Gary, Markoneng, mendapat kabar bahwa Gary mengidap sakit kanker hati. Hal serupa juga dituliskan oleh akun Toto Soegriwo.

"Mohon do'a terbaik buat rekan dan sahabat kita aktor Gary Iskak yang saat ini sedang dirawat di RS Pertamina Pusat karena didiagnosa terkena penyakit sirosis / kanker hati aku," tulis akun Toto Soegriwo.

Kanker hati merupakan salah satu jenis kanker yang gejalanya sering tak terdeteksi. Ini bisa terjadi sampai kankernya mencapai stadium lanjut.

Di beberapa kasus, penyakit ini kerap disamakan dengan hepatitis. Namun, penyakit ini juga bisa terjadi pada orang yang tidak memiliki penyakit mendasar dan belum jelas penyebabnya.

Terdapat beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab dari kanker hati ini. Dikutip dari WebMD, kondisi tersebut meliputi kecacatan dari lahir, konsumsi alkohol, atau akibat infeksi kronis.

Selain itu, dikutip dari Mayo Clinic ada sejumlah risiko yang bisa menjadi faktor penyebab dari kanker hati, yaitu:

1. kronis akibat virus hepatitis B atau hepatitis C.

2. Sirosis atau kondisi progresif, yang bisa menyebabkan jaringan parut pada hati serta meningkatkan kemungkinan kanker hati.

3.  penyakit bawaan yang berkaitan dengan hati, seperti hemochromatosis.

4. Penyakit diabetes, karena pengidap penyakit ini lebih berisiko terkena kanker hati.

5. Adanya penumpukan lemak pada hati.

6. Obesitas

7. Mengkonsumsi alkohol berlebihan dalam jangka panjang.