Stok Obat-obatan Pasien Covid-19 di Riau Dipastikan Satgas Aman


Pekanbaru - Ketersediaan obat-obatan untuk pasien Covid-19 di Provinsi Riau yang berada di rumah sakit rujukan masih aman. 

Kepastian itu disampaikan Juru Bicara Percepatan Penanganan Satgas Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Selasa (22/6/2021) di Pekanbaru.  

Meski begitu, pihaknya meminta rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di kabupaten/kota untuk memastikan ketersediaan obat. Hal ini penting mengingat kasus penyebaran Covid-19 di pulau Jawa cukup tinggi, sehingga Riau dianggap perlu untuk meningkatkan kewaspadaan dini. 

"Sejauh ini ketersediaan obat-obatan di Riau masih aman. Tapi kami minta kepada daerah-daerah di Riau memastikan ketersediaan obat-obatan benar-benar aman, jika merasa kurang silahkan segera lapor," katanya. 

Menurutnya, stok obat-obatan untuk pasien Covid-19 ini penting. Karena  kasus Covid-19 di Riau masih terjadi, namun mengalami penuruan, dan belum tahu sampai berakhir. 

"Karena itu kita harus mewaspadai dan mempersiapkan ketersedian obat-obatan yang ada di kita (Riau) benar-benar aman," ungkapnya. 

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir saat ingin berobat ke rumah sakit atau di tempat isolasi yang disiapkan oleh pemerintah daerah. 

"Sejauh ini ketersedian obat di Riau Insya Allah masih aman dan terkendali. Termasuk juga dengan anti virus dan obat-obatan penunjang lainnya yang dibutuhkan oleh rumah sakit untuk pasien Covid-19 aman. Dan berharap jangan sampai kekurangan," tutupnya.