Progres Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Capai 70 Persen


Pekanbaru - Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 Kilometer (Km) ditargetkan rampung akhir tahun 2021. 

Progres kontruksi pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sampai Agustus 2021 sudah mencapai 70 persen. Saat ini pembangunan jalan bebas hambatan itu terus digesa. 

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengatakan, saat ini progres pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinag masih berjalan. 

"Sekarang progres pembangunan kontruksi jalan tol Pekanbaru-Bangkinang tetap berjalan," kata Syamsuar, Kamis (19/8/2021), dikutip dari Cakaplah.com.

Gubri mengatakan, sesuai dengan informasi yang disampaikan pihak Kementerian PUPR dan PT Hutama Karya sebagai pihak pelaksana pembangunan proyek, untuk ruas tol Pekanbaru-Bangkinang tuntas akhir tahun.

"Waktu kunjungan Pak Presiden kemarin juga sudah dilaporkan oleh Kementerian PUPR dan pihak PT Hutama Karya, pembangunan jalan tol selsai akhir tahun," terangnya. 

Hanya saja, tambah Gubri, saat ini pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang masih terkendala pembabasan lahan sepanjang 3,5 Km, karena berada di berada di kawasan. 

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pembamgunan Setdaprov Riau, Aryadi mengatakan, saat ini progres kontruksi pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sudah mencapai 70 persen. 

"Tol Pekanbaru-Bangkinang masih jalan, saat ini progresnya sudah 70 persen. Mudah-mudahan target selsai akhir tahun bisa tercapai," katanya singkat. 

Untuk diketahui, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang saat ini ada 10 Km yang belum bisa dilakukan pembangunan akibat terkendala pembebasan lahan. Sedangkan 6,5 Km lagi sedang proses ganti rugi lahan, dan 3,5 Km berada di kawasan hutan.