Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Bakal Terpa Riau di Ahir Pekan



Pekanbaru - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau di akhir pekan ini Sabtu (18/9/2021).

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Putri Siregar mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan masih akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Putri Siregar, Sabtu (18/9/2021).

Ia mengatakan pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir, dan Kota Dumai.

"Siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang namun tidak merata terjadi di sebagian besar wilayah Riau," sebutnya.

Malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Bengkalis, Pelalawan, Kuantan Singingi dan Kota Pekanbaru.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Kepulauan Meranti," jelasnya.

Lanjut Putri, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai pada siang, sore dan malam hari," pungkasnya.

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 – 1.25 m (rendah).

Sumber: Cakaplah.com