Bupati Inhil Buka Rakor Pariwisata se Provinsi Riau



TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pariwisata yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat, Rabu (3/11/2021).

Kegiatan yang digelar di Aula Hotel Inhil Pratama Tembilahan ini diikuti Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Asisten I Setda Inhil, Kepala Inspektorat, Kadis PMD dan Kepala Bappeda Inhil serta undangan lainnya.


Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Inhil, Junaidi dalam laporannya mengatakan, Rakot Pariwisata tersebut digelar setiap dua bulan sekali dan dilaksanakan secara bergilir di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dan kali ini Kabupaten Inhil ditunjuk sebagai tuan rumah.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat dalam sambutannya menjelaskan, rakor ini bertujuan untuk selain saling berkomunikasi, berkoordinasi dan bertukar informasi-informasi terkini, khususnya yang berasal dari Kementerian Pariwisata dan perkembangan pariwisata di seluruh  kabupaten/kota di Provinsi Riau.


"Dengan begitu, kita bisa bersama-sama berpikir secara luas, dengan harapan dapat mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Wardan dalam sambutan mengucapkan selamat datang kepada peserta rakor Dinas Pariwisata se-Provinsi Riau di Tembilahan Kabupaten Inhil.


"Semoga kegiatan Rakor Pariwisata kali ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif terhadap perkembangan dunia pariwisata di Kabupaten Indragiri Hilir khususnya maupun perkembangan pariwisata di Provinsi Riau pada umumnya," kata Bupati Wardan.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Inhil yang dikenal agamis ini juga menyampaikan kondisi Kabupaten Inhil yang memiliki kekayaan destinasi wisata alam, budaya dan religi yang terus dikembangkan saat ini, diantaranya Wisata Alam Pantai Solop dengan pasir sersah dan hutan mangrove, Pantai Mablue dengan pantai terumbu, hutan mangrove dan danau mablue tempat migrasi burung dunia, Wisata Alam Air Terjun 86, Air Terjun Tembulun Rusa, Goa Batu Leman, Bukit Berbunga, serta Wisata Alam Bukit Condong dengan Air Terjun Selensen Salak.


Terakhir, Bupati Wardan berharap melalui rakor tersebut dapat dicari terobosan untuk menjadikan kabupaten/kota se-Provinsi Riau kembali menjadi lokasi prioritas (lokpri)  pembangunan pariwisata Indonesia. "Sehingga kita dapat memperoleh dana pemerintah pusat untuk memacu pembangunan pariwisata di Provinsi Riau," imbuhnya.***