687 PPS di Lantik, Ketua KPU Kuansing : Harus Jujur Dalam Bertugas


TELUKKUANTAN - Sebanyak 687 Panitia Pemilihan Suara (PPS) untuk seluruh Kelurahan dan Desa se Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Selasa (24/01/2023) resmi dilantik. Banyak harapan yang disematkan ke pundak para PPS yang rata-rata berusia muda ini.

Salah satu harapan itu keluar dari mulut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuansing Irwan Yuhendri, yang mana menurutnya salah satu tugas berat yang menanti para PPS itu ialah pendataan masyarakat yang berhak untuk ikut pemilu. Yang mana, pihak PPS harus melakukan sosialisasi dan survey langsung ke masyarakat, agar pada pemilu 14 Februari 2024 nanti tidak ada masyarakat yang tertinggal dalam memberikan hak suara.

''Sudah dilantik 687 anggota PPS, yang sebelumnya mengikuti tahapan selekai yang cukup ketat. Usai ini mereka harus melalui tugas berat, salah satunya pendataan masyarakat yang berhak ikut pemilu. Ini bukan tugas yang mudah, untuk itu kita minta dapat menjaga kondisi badan prima dan jujur dalam menjalankan tugas,''ujar Irwan saat di wawancara Wartawan di lokasi acara lapangan Limuno, Kota Teluk Kuantan.

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kuansing Suhardiman Amby, melalui Sekda Dedy Sambudi berharap, dengan sudah dilantiknya para anggota PPS ini, segala sesuatu persiapan pemilu 2024, sudah harus dimulai, dengan harapan pemilu berjalan dengan lancar dan aman.

''Ya kita minta agar segera bekerja untuk mempersiapkan segala sesuatu keperluan pokok persiapan pemilu. Kita berharap dengan kinerja bagus yang dilakukan PPS ini nantinya, pemilu 2024 bisa berjalan aman dan lancar di Kuansing,''ujar Dedy Sambudi.

Sedangkan Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, mengharapkan para anggota PPS yang baru dilantik ini, ke depannya bisa bekerja sama dengan pihak Kepolisian, dalam hal pencegahan pelanggaran hukum selama tahapan pemilu nanti. Oleh karenanya dirinya meminta kepada para PPS dapat berkoordinasi dengan para Bhabinkamtibmas di daerahnya masing-masing.

''Ujung tombak kita Kepolisian di Desa adalah Bhabinkamtibmas. Jadi saat tahapan pemilu nanti, para PPS ini dapat berkoordinasi dengan baik soal permasalahan pelanggaran hukum. Kita akan bergerak cepat demi tercapai pemilu yang aman, lancar dan jauh dari kecurangan,''pungkas AKBP Rendra.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kuansing Adam Sukarmis, Kajari Kuansing Nurhadi Puspandoyo, Komisioner KPU Provinsi Riau Firdaus, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kuansing, pejabat KPU Kuansing, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan undangan lainnya.***